Kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita di sini bekerja dan bersama-sama ikut berperan dalam menjaga wilayah masing-masing
Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggiatkan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat untuk mencegah penyebaran virus corona baru atau COVID-19.

"Gerakan penyemprotan ini akan kami laksanakan mulai Selasa (31/3) di seluruh wilayah di Kabupaten Bangka Barat," kata Bupati Bangka Barat Markus di Mentok, Senin.

Penyemprotan cairan disinfektan tidak hanya dilaksanakan di Kota Mentok, namun juga di seluruh kecamatan dengan mengerahkan para petugas dan tim gabungan.

Ia meminta seluruh organisasi perangkat daerah dan instansi terkait untuk ikut terlibat dalam gerakan itu sesuai dengan arahan Kapolri guna penanggulangan pandemi virus yang berbahaya tersebut.

"Saya minta BPBD, Dinas Kesehatan dan dinas terkait ikut berpartisipasi, besok seusai apel pagi," katanya.

Baca juga: Kapolri perintahkan penyemprotan disinfektan serentak pada Selasa

Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan mendukung penuh rencana kegiatan itu untuk bersama-sama mencegah penyebaran COVID-19 yang hingga saat ini jumlah kasusnya terus bertambah.

"Di seluruh Indonesia jumlah kasus sudah mencapai lebih dari 1.500, jadi pola pencegahan harus dilakukan bersama-sama dan terpadu," katanya.

Adenan meminta dukungan seluruh bekerja terpadu dan bersama-sama sebagai upaya pencegahan.

"Kita tunjukkan kepada masyarakat bahwa kita di sini bekerja dan bersama-sama ikut berperan dalam menjaga wilayah masing-masing," katanya.

Penyemprotan di jalan raya diusahakan menggunakan disinfektan dengan bahan yang tidak berbahaya karena kemungkinan akan menempel pada tubuh warga.

Polres Bangka Barat rencananya menerjunkan armada penyemprot pengendali massa bersama dua armada pemadam kebakaran dan mobil pengangkut air.

Baca juga: TNI AU dan FASI semprot disinfektan menggunakan drone di Jaktim
Baca juga: Gudang kargo Bandara Sentani disemprot disinfektan cegah COVID-19
Baca juga: Tim Gabungan BPBD semprot disinfektan di USU

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020