Apalagi saat tidak ada tamu, semua kewajiban perusahaan tetap harus dibayar mulai listrik, air, dan segala pajak.
Medan (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara mengatakan sejumlah hotel berbintang di provinsi itu menghentikan sementara operasionalnya mulai 1 April 2020 dengan alasan mencegah kerugian yang lebih besar dampak tidak adanya tamu terkait wabah virus corona (COVID -19).

"Tamu hotel dan kegiatan/acara nyaris tak ada, begitu juga yang makan dan minum di restoran dan cafe hotel," ucap  Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumut, Denny S Wardhana di Medan, Senin.

Apalagi saat tidak ada tamu, semua kewajiban perusahaan tetap harus dibayar mulai listrik, air, dan segala pajak.

Permintaan PHRI agar pemerintah memberikan keringanan (relaksi) berbentuk penghapusan dan penundaan atas sejumlah beban yang harus tetap dibayar pengusaha sektor itu di.saat wabah COVID -19 belum dipenuhi.
Baca juga: Belasan hotel di NTB tutup sementara imbas COVID-19

"Daripada merugi besar yang berdampak pada bisa tutupnya perusahaan serta mendukung upaya pemerintah mengurangi keramaian, maka manajemen sejumlah hotel di Sumut memilih menghentikan sementara operasionalnya," katanya.

Tindakan penghentian operasional sementara juga dilakukan untuk menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan secara permanen.

Denny mengakui salah satu hotel yang berhenti beroperasi sementara adalah Garuda Plaza Medan.

"Selama ini, sebagian besar tamu Garuda Plaza adalah wisatawan dari Malaysia, wisatawan nusantara dan tamu dari instansi pemerintah.Namun sejak COVID - 19, tidak ada tamu dan berbagai kegiatan," ujar Denny yang juga menjabat.Managing Director di Garuda Plaza Hotel Medan itu.
Baca juga: Sejumlah hotel di Palembang wacanakan tutup sementara

Denny tidak.merinci nama hotel lainnya yang tutup sementara dengan dalih belum dapat izin dari pengelolanya untuk dipublikasi PHRI.

"Yang pasti sudah ada beberapa hotel yang menyatakan ke PHRI Sumut untuk memilih langkah berhenti beroperasi sementara," ujar Denny.

Penutupan sementara Hotel Garuda Plaza itu yang diberlakukan mulai 1 April 2020 itu belum dipastikan sampai kapan karena melihat perkembangan COVID -19.

​​​Mengenai nasib karyawan Garuda Plaza Hotel itu, Denny mengaku dirumahkan sementara.

"Soal gaji sudah disepakati antara manajemen dan karyawan," katanya.
Baca juga: Bisnis hotel di Kota Bogor hadapi kondisi terburuk

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020