bantuan bisa diberikan langsung ke Kantor TJSL yang berada di Graha 293 Jalan Daan Mogot
Tangerang (ANTARA) - Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Kota Tangerang mengimbau dan mengajak seluruh perusahaan daerah itu berpartisipasi membantu penyediaan alat kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Plt Ketua Forum TJSL Kota Tangerang Mulyanto di Tangerang, Rabu, mengatakan, pihaknya telah mengedarkan surat imbauan berpartisipasi memberikan bantuan kepada perusahaan baik BUMN, BUMD dan swasta.

Baca juga: Di Kota Tangerang, kasus positif COVID-19 capai 29 orang

Bantuan yang diberikan akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak maupun sebagai langkah preventif pencegahan penyebaran COVID-19.

“Adapun bantuan yang dapat diberikan oleh perusahaan berupa Alat Pelindung Diri (APD) terdiri masker, hand sanitizer, dan disinfektan, bahan makanan maupun uang tunai,” ujar dia.

Dikatakannya, selain kondisi bencana COVID-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, imbauan memberikan bantuan kepada perusahaan juga dalam rangka mendukung Program Tangerang Bersedekah.

Baca juga: Pemkot Tangerang Selatan perpanjang masa tanggap darurat bencana

“Selain ke perusahaan, TJSL juga menerima bantuan dari masyarakat, bantuan bisa diberikan langsung ke Kantor TJSL yang berada di Graha 293 Jalan Daan Mogot,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang menerima bantuan alat kesehatan untuk menangani pandemi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Banten.

Pemkot Tangerang menerima bantuan kesehatan berupa APD yaitu Coverall sebanyak 400 buah, masker bedah sebanyak 28.400 buah, masker N95 sebanyak 475 buah, dan obat-obatan berupa oseltamivir sebanyak 360 tablet.

Baca juga: Pemkot Tangerang terima bantuan alat kesehatan tangani COVID-19

Tak hanya Kemenkes dan Pemprov Banten saja yang mengirim bantuan, Eijckmen Institute juga memberikan 1000 buah Virus Transport Media (VTM) atau tabung yang digunakan untuk meletakkan spesimen yang diambil dari pasien dengan metode swab.

"APD, obat-obatan dan VTM yang kami terima sangat membantu penanganan Covid-19 di wilayah Kota Tangerang, saya berharap agar pandemi ini bisa cepat berlalu dan kita bisa beraktifitas seperti biasanya," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menambahkan, bantuan juga diterima dari internal Pemkot Tangerang yaitu Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang.

"Dari Dinas Ketahanan Pangan kami juga terima 100 buah APD dan telah kami distribusikan secara bertahap pada layanan kesehatan seperti Puskesmas dan RSUD yang ada di wilayah Kota Tangerang," imbuhnya.

Baca juga: Satu pasien COVID-19 sembuh di Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020