APD COVID-19 tiba di Sorong

id Papua Barat,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

APD COVID-19 saat diturunkan oleh tim relawan di kantor satpas Kota Sorong. (ANTARA/Ernes Kakisina)

Sorong (ANTARA) - Alat Pelindung Diri (APD) guna penanggulangan pasien COVID-19 Kota Sorong yang dikirim dari Manokwari oleh pemerintah Provinsi Papua Barat telah tiba di ruang Satgas Kota Sorong.

APD COVID-19 Kota Sorong tersebut diangkut menggunakan mobil dari Manokwari yang menempuh perjalanan satu hari dengan kondisi jalan yang ekstrim dan tantangan pemalangan jalan oleh masyarakat guna mencegah penyebaran virus.

Abdul Gani Ishak Bauw Relawan yang membantu distribusi APD dari Manokwari ke Kota Sorong di Sorong, Kamis, mengatakan bahwa tim pembawa APD COVID-19 Kota Sorong bertolak dari Manokwari pada 7 April 2020 pukul 23.00 WIT dan tiba di Sorong pada Rabu (8/4) pukul 17.00 WIT.

Menurut dia, perjalanan sungguh melelahkan karena kondisi jalan yang ekstrem, infrastruktur belum memadai dan kesulitan jaringan telekomunikasi untuk dapat berkoordinasi dengan pemerintah Sorong agar proses perjalanan lancar.

"Kami tidur bermalam di Kabupaten Tambrauw karena akses jalan di palang sebagai upaya pencegahan virus Corona. Namun setelah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat alat pelindung diri bisa tiba dengan kondisi baik di Kota Sorong," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Hermanus Kalasuat yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa APD COVID-19 dan obat-obatan yang dikirim oleh pemerintah provinsi sudah tiba di Kota Sorong.

Dia mengatakan bahwa alat pelindung diri serta obat-obatan tersebut akan digunakan oleh Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele be Solu dan juga rumah Sakit Angkatan Laut guna penanganan pasien Corona.

"Jumlah APD ini masih terbatas dan pemerintah daerah akan berupaya untuk menambah alat pelindung diri tersebut untuk tim medis gunakan dalam penanganan pasien Corona, " ujarnya.

Baca juga: Pemkot Sorong siapkan 1.000 ton beras bagi warga terdampak COVID-19
Baca juga: Petugas RSUD Sele be Solu diperiksa setelah tangani pasien COVID-19

 

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar