Dompet Dhuafa galang dana untuk bangun RS Kontainer tangani COVID-19

id Dompet Dhuafa,RS Kontainer, COVID-19,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Ilustrasi gambar Rumah Sakit Kontainer Dompet Dhuafa untuk tangani pasien COVID-19 di Bogor, Kamis (9/4/2020). (Humas Dompet Dhuafa)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa melalui platform Kapital Boost menggalang dana untuk membangun Rumah Sakit Kontainer guna menangani pasien yang terpapar wabah COVID-19.

"Meningkatnya jumlah pasien virus Corona di Indonesia membuat rumah sakit penuh dalam merawat pasien wabah Corona," kata Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa drg Imam Rulyawan melalui keterangan pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, melalui platform Kapital Boost, Dompet Dhuafa menginisiasi pembangunan fasilitas kesehatan berupa RS kontainer untuk penanganan pasien virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19 di Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu (RS RST) Dompet Dhuafa di Parung, Bogor.

Baca juga: Dompet Dhuafa bagikan 300 paket makanan bagi tunawisma di Australia

Baca juga: Dompet Dhuafa bagikan paket sembako bagi pekerja lepas di tengah wabah


Penyebaran wabah COVID-19 yang begitu luas, membuat sejumlah rumah sakit kewalahan dalam menangani pasien yang terpapar wabah tersebut.

Ledakan pasien diperkirakan akan terus bertambah. Oleh karena itu, penambahan ruangan rumah sakit yang berfungsi sebagai tempat transit bagi pasien suspect COVID-19, yang sering disebut orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP), akan sangat dibutuhkan.

Penggalangan dana untuk RS Kontainer Dompet Dhuafa tersebut, kata dia, dihimpun melalui Platform Kapital Boost yang merupakan platform peer-to-peer pembiayaan syariah untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Singapura, Indonesia dan Malaysia guna mendapatkan modal kerja dari para pendana global.

Baca juga: Dompet Dhuafa: Penyaluran bantuan sembako untuk hidupkan roda ekonomi

Baca juga: Dompet Dhuafa bagikan masker dan hand sanitizer pada pengemudi ojol


RS Kontainer COVID -19 yang akan didirikan oleh Dompet Dhuafa terdiri atas 10 rangkaian dan difungsikan sebagai ruang isolasi, bersifat portable, ramah lingkungan, dengan proses pembuatan yang cepat dan tahan lama.

“Selain itu, juga sebagai layanan isolasi darurat pasien. Kebutuhan RS Kontainer sangat vital untuk ruang isolasi, perawatan yang lebih lanjut maupun laboratorium. Oleh karena itu, kami butuh Anda untuk melengkapi kebaikan, RS Kontainer solusi bagi negeri,” katanya.

Dompet Dhuafa berharap pembangunan rumah sakit tersebut semakin menambah harapan sehat bagi pasien COVID-19.

Selain itu, pasien juga diharapkan dapat tertangani dengan baik dan maksimal, sehingga angka kematian dan penularan virus bisa segera teratasi.

RS Kontainer, menurut dia, merupakan salah satu solusi cepat dan tepat untuk penanganan COVID-19 di tengah terbatasnya ruang isolasi yang tersedia di Indonesia.

Pewarta : Katriana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar