Kemarin ada surat dari PMI untuk bantuan pengerahan donor darah ke Pak Kapolri
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah yang diadakan di Pusdokkes Mabes Polri, Jakarta, Senin, dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

"Kegiatan donor darah ini dalam rangka memenuhi persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang akan digunakan oleh pasien COVID-19 yang membutuhkan," kata Komjen Agus melalui siaran pers, di Jakarta, Senin.

Pihaknya pun mengajak jajarannya untuk turut menyumbangkan darahnya. "Donor darah juga turut dilakukan 150 personel Baharkam Polri," katanya lagi.

Kepala Operasi Terpusat (Kaopspus) Kontinjensi Aman Nusa II ini mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1127/IV/KEP./2020 untuk mengisi stok darah di PMI dalam rangka memenuhi kebutuhan darah.
Baca juga: Mabes Polri gelar donor darah bantu pasokan darah PMI Jakarta


Melalui surat telegram tersebut, Kapolri meminta para kasatker/kasatwil agar mengimbau para personelnya untuk mendonorkan darah berkoordinasi dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI di wilayahnya masing-masing.

Kapolri pun mengingatkan bahwa kegiatan donor darah harus dilakukan dengan menaati protokol kesehatan dan menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran COVID-19.

"Kemarin ada surat dari PMI untuk bantuan pengerahan donor darah ke Pak Kapolri," kata Agus.

Menurutnya, kegiatan donor darah sangat penting dilakukan sebagai wujud dari nilai kemanusiaan.

Kegiatan donor darah tersebut ini, juga dihadiri oleh Kakorpolairud Baharkam Polri, Kakorsabhara Baharkam Polri, Kakorbinmas Baharkam Polri, dan pejabat utama Baharkam Polri lainnya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020