Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN Pupuk, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama anggota holding terus bergerak menyalurkan bantuan kepada masyarakat dan petugas medis dalam penanganan pandemi COVID-19.

Di Kemanggisan, Jakarta Barat, PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali melaksanakan kegiatan sosialnya dengan membagikan sebanyak 1.000 paket makan siang dan 1.000 masker kepada warga RT 02, 03 dan 014 di RW 08 Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Penyerahan dilakukan di Sekretariat Bersama RT 02/03 Kelurahan Kemanggisan kepada masing-masing pengurus RT.

"Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial kami terhadap masyarakat yang berada di sekitar kantor kami yang berada di Kemanggisan, Jakarta Barat. Terlebih dengan adanya penugasan Kementerian BUMN yang menunjuk Pupuk Indonesia sebagai bagian dari Satuan Gugus Tugas (Satgas) Bencana BUMN di Wilayah Jakarta Barat," kata Kepala Komunikasi Korporat PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana di Jakarta, Senin.

Hal serupa juga dilakukan di beberapa daerah oleh para anggota holding. Di Aceh, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) secara proaktif melakukan penyemprotan disinfektan di Kecamatan Dewantara dan di sejumlah desa binaan.

Penyemprotan berfokus pada fasilitas umum seperti tempat ibadah, tempat belajar dan kantor pemerintahan seperti Kantor Kecamatan, Kantor Desa, Polsek hingga Koramil.

PT PIM juga turut menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat berupa beras sebanyak 474 karung kemasan 10 kg. Bantuan ini sebagai upaya mempermudah persediaan beras masyarakat di tengah imbauan untuk tidak keluar rumah.

Di Palembang Sumatera Selatan dan Karawang Jawa Barat, inisiatif serupa dilakukan oleh PT Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) dan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC).

PUSRI melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker untuk masyarakat lingkungan sekitar perusahaan, serta bantuan APD ke Rumah Sakit Umum PUSRI yang ditunjuk Pemerintah Daerah menjadi RS rujukan COVID-19. Sementara PKC, selain membuat bilik sterilisasi, perusahaan membagikan bantuan masker dan cairan pencuci tangan di Kecamatan Dawuan Tengah.

PT Pupuk Kaltim juga tidak kalah serius dalam memberikan perhatian terhadap antisipasi penyebaran Covid-19 di Bontang dengan memberikan bantuan Extra Fooding dan APD, serta pembersihan fasilitas umum melalui penyemprotan disinfektan.

Pupuk Kaltim juga telah menyalurkan bantuan berupa 35 botol hand sanitizer untuk Kelurahan Loktuan, 100 liter cairan disinfektan dan 3 unit alat semprot untuk Polres Bontang, dan Kodim 0908 Bontang. Selain itu, perusahaan juga membagikan 10.000 masker kain kepada masyarakat Bontang.

"Masker kainnya sendiri dibuat oleh UKM Binaan Pupuk Kaltim di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kota Bontang. Hal ini sekaligus memberdayakan dan memberikan pendapatan bagi UKM di tengah kondisi ekonomi yang terdampak COVID-19," kata Wijaya.

Ada pun PT Petrokimia Gresik pada pekan lalu memberikan sosialisasi pencegahan COVID-19 kepada petani, memberikan bantuan hand sanitizer, disinfektan, dan masker ke kios-kios resmi pupuk, hingga penyemprotan disinfektan di gudang penyangga, hingga armada transportasi pupuk.

Sosialisasi dan bantuan tersebut disalurkan bertepatan dengan kegiatan panen padi di Desa Candijati, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, dan di Desa Sidokerto, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi.

Perusahaan juga telah menyalurkan bantuan 28.000 paket sembako kepada masyarakat sekitar perusahaan, serta peralatan medis untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dari 28 ribu paket sembako, sebanyak 12 ribu paket diserahkan melalui Pemkab Gresik, sementara sebanyak 16 ribu paket lainnya diserahkan langsung kepada delapan desa/kelurahan sekitar perusahaan.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik juga telah menyalurkan bantuan ratusan botol hand sanitizer, 1.000 liter disinfektan, tenda posko, dan masker kepada sejumlah rumah sakit di Jawa Timur. Kemudian, penyemprotan disinfektan di 25 tempat ibadah yang ada di Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar.

Anggota holding lainnya, PT Rekayasa Industri telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat di tiga lokasi proyek yang sedang dikerjakan, yakni proyek gas processing facility Jambaran-Tiung Biru Bojonegoro, Proyek PLTU Lombok dan Proyek Geotermal Rantau Dedap. Bantuan berupa paket Nutrisi Snack Box (susu, buah, telur dan roti), cairan pencuci tangan, hingga penyemprotan disinfektan.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020