Jadi jangan lagi nanti bilang, Luhut itu, uang, uang, uang, lagi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah saat ini masih fokus pada penanganan COVID-19 sehingga belum ada evaluasi lanjutan mengenai kelanjutan pembangunan ibu kota negara (IKN).

"Kita belum mikir itu mau terus atau enggak terus. Boro-boro mikir itu, sekarang kita fokus pada ini (penanganan COVID-19)," katanya dalam jumpa pers melalui konferensi video di Jakarta, Selasa malam.

Meski belum ada kelanjutannya, Luhut mengungkapkan sejumlah investor, terutama Abu Dhabi (Uni Emirat Arab) masih melihat pembangunan ibu kota baru itu sebagai peluang investasi bagi mereka.

"Jadi dia lho yang mau investasi. Bukan duit kita. Jadi jangan lagi nanti bilang, 'Luhut itu, uang, uang, uang', lagi," katanya.

Menurut Luhut, karena pihak Abu Dhabi yang menawarkan diri itu, maka pemerintah tentu menanggapinya secara positif. Namun, ia menyebut pemerintah Indonesia sendiri kini masih fokus dalam penanganan wabah virus corona jenis baru itu.

"Tapi strukturnya tetap mereka kerjakan, silakan, karena itu bukan bicara ibu kota saja, tapi juga infrastruktur lain," ujarnya.

Luhut mengungkapkan hingga saat ini proyek ibu kota baru belum mengalami progres yang luar biasa. Ia bahkan menyebut progresnya jalan di tempat. Presiden Jokowi pun disebutnya belum melakukan evaluasi lanjutan.

"Mungkin setelah ini (COVID-19 berakhir) mau dievaluasi atau bagaimana, kita enggak tahu," katanya.

Baca juga: Prioritas anggaran untuk corona, pembangunan ibu kota bisa ditunda
Baca juga: Kemenko Maritim: Pemindahan ibu kota terus berjalan

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020