Jakarta (ANTARA) - Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) tingkat IV yang sedang melaksanakan Latihan Intregrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XL tahun 2020 turut berpartisipasi dalam memutus penyebaran COVID-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta, Rabu.

Penyemprotan ini dikomandoi langsung oleh Danskadtar IV Letkol Pnb Anton Pallaguna selaku Dansatlak Elang dalam kegiatan Latsitardanus XL tahun 2020 yang melibatkan Taruna AAU tingkat IV dan didukung personel AAU, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu.

Kegiatan ini diawali dengan penyemprotan Tugu Pal Putih atau Tugu Golong Gilig yang merupakan salah satu ikon Yogyakarta yang terletak di persimpangan Jalan Sudirman, Jalan AM Sangaji, Jalan Diponegoro, dan Jalan Mangkubumi dilanjutkan menuju jalan Malioboro.

Penyemprotan yang dilakukan sejumlah Taruna AAU tingkat IV ini menggunakan alat penyemprot gendong dengan obyek sasaran penyemprotan berupa benda-benda yang sering tersentuh.
 
Sejumlah taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) tingkat IV melakukan penyemprotan cairan disinfektan dari atas mobil truk di kawasan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (15/4/2020), untuk mencegah penyebaran COVID-19 dikawasan itu. (ANTARA/HO-Dispenau)

Sementara itu, 2 unit armada berupa 1 truk berjenis Unimog yang telah dimodifikasi dan 1 truk pemadam kebakaran turut membantu penyemprotan dengan sasaran jalan dan trotoar sepanjang jalan kawasan wisata Malioboro.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai diinfektan ini, merupakan bahan campuran yang ramah lingkungan dan terhadap benda-benda yang menjadi sasaran penyemprotan.

Letkol Pnb Anton Pallaguna, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan AAU yang dikombinasikan dengan bakti almamater bagi Taruna tingkat akhir yang akan lulus.

Seyogyanya Latsitardanus XL tahun 2020 ini akan dilaksanakan secara integrasi bersama dengan Akmil, AAL, Akpol dan IPDN serta Mahasiswa tingkat akhir di Manado Provinsi Sulawesi Utara.

"Namun, dengan adanya wabah COVID-19 sesuai perintah pimpinan tertinggi dialihkan pelaksanaannya di Akademi masing-masing dengan bakti almamater seperti saat ini," kata Dansatlak Elang.

Menurut dia, pemilihan Malioboro sebagai sasaran penyemprotan disinfektan karena Malioboro merupakan salah satu tujuan wisata dimana masih banyak masyarakat yang melakukan aktivitas di seputaran Malioboro.

"Yogya sebagai salah satu kota pelajar dan tujuan wisata dimana masyarakat masih melakukan aktifitas disini, sehingga kita merasa Malioboro menjadi salah satu tempat yang paling tepat untuk melaksanakan dekontaminasi," kata Anton.

Kegiatan penyemprotan disinfektan seperti ini akan terus dilaksanakan oleh AAU sesuai dengan koordinasi dengan pemerintah daerah.

Baca juga: Cegah COVID-19, Wali Kota Magelang pimpin penyemprotan disinfektan

Baca juga: Satgas COVID-19 lakukan penyemprotan disinfektan kantor Kejati

Baca juga: Pemkot Bogor kembali semprotkan disinfektan di zona merah

Baca juga: PMI lakukan disinfeksi berskala besar libatkan Polda Metro Jaya

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020