Memang untuk keadaan saat ini akomodasi sangat anjlok. Sehingga kami harus mencari alternatif lain agar tetap bisa memberikan pemasukan untuk hotel di antaranya kami jualan makanan yang kami antar sampai ke rumah para pelanggan
Pontianak (ANTARA) - Sejumlah hotel di Kota Pontianak tetap beroperasi meskipun harus mencari alternatif layanan jasa yang diberikan agar menjadi sumber pemasukan dan satu di antaranya menyediakan dan menjual makanan pesan antar ke rumah pelanggan di tegah wabah COVID-19.

"Memang untuk keadaan saat ini akomodasi sangat anjlok. Sehingga kami harus mencari alternatif lain agar tetap bisa memberikan pemasukan untuk hotel di antaranya kami jualan makanan yang kami antar sampai ke rumah para pelanggan," ujar General Manager Hotel Orchardz Pontianak, Kholid Basyaiban di Pontianak, Kamis.

Kholid menambahkan dengan menjual makanan yang siap diantar juga bagian upaya pihaknya untuk membantu masyarakat untuk tidak keluar rumah.

"Upaya untuk menjaga jarak dengan layanan kita ini bisa dilakukan. Pembeli cukup dengan telepon untuk pesan makanan dan kami antar tanpa biaya," kata dia.

Terkait karyawan atau pekerja di hotelnya dengan kondisi tingkat hunian yang rendah tidak bisa dihindari untuk mengurangi jam kerja sebagaimana hotel - hotel lainnya di Pontianak.

"Alhamdulillah karyawan kami juga menyadari keadaan hotel. Sehingga mereka juga dengan ikhlas menerima keputusan ini," kata dia.

Ia menambahkan yang membuat haru pihaknya, para pekerja malah tetap masuk kerja seperti biasa karena merasa hotel selama ini telah memberikan nafkah buat keluarganya.

"Mereka bisa mempunyai rumah, membeli kendaraan dan menyekolahkan anak - anaknya dari hasil kerja di Hotel Orchardz. Sehingga di saat susah yang dirasakan oleh perusahaan mereka pun ikut merasakan susah bareng karena mereka sudah lama juga merasakan bahagia bersama di perusahaan ini.Jadi kami bahagia dan susah bersama,"jelas dia.

Jasa layanan pesan antara juga dilakukan Hotel Aston Pontianak. General Manager Aston Pontianak, Anto W. S mengatakan bahwa Aston Pontianak masih tetap beroperasi di tengah merebaknya COVID- 19.

"Meskipun sangat berdampak terhadap dunia perhotelan, Aston tetap bertahan dengan melakukan berbagai upaya dan inovasi menyesuaikan situasi dan kondisi terkini. Salah satunya dengan menghadirkan promosi pengantaran Dimsum, Rice Bowl dan Rice Box. Program ini sudah berjalan sejak pertengahan Maret 2020 kemarin," kata dia.

Ia menambahkan saat ini Aston Pontianak berupaya untuk melakukan efisiensi baik dari sisi biaya operasional maupun tenaga kerja.

Dari biaya operasional, beberapa langkah telah dilakukan, seperti penghematan biaya listrik dengan tidak mengoperasikan salah satu akses lift.

"Dari sisi tenaga kerja, memang sudah diambil keputusan yang memang berat tentunya yaitu untuk sementara waktu pekerja harian tidak bekerja dan secara bergantian karyawan kontrak diliburkan dengan porsi 15 hari kerja, 15 hari masuk," kata dia.

Selain itu juga langkah-langkah pencegahan penyebaran COVID-19 sudah dilakukan.

"Kita melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala di area publik dan kamar hotel, pengecekan suhu tubuh tamu dan karyawan saat memasuki area hotel dan menggunakan masker bagi karyawan yang bertugas di hotel," jelas dia.

Baca juga: Jangan lupakan peran hotel di tengah pandemi

Baca juga: Sejumlah hotel di Palembang wacanakan tutup sementara

 

Pewarta: Dedi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020