Pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat demi mencegah munculnya konflik atau tindakan kriminal
Jakarta (ANTARA) - Kaopspus Kontinjensi Aman Nusa II Komjen Pol Agus Andrianto dan rombongan mengecek sejumlah dapur umum TNI-Polri yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak akibat diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka pencegahan penyebaran penularan COVID-19.

"Dapur umum ini didirikan untuk mengamankan jaring pengaman sosial, agar masyarakat tidak kelaparan," kata Agus melalui siaran pers, diterima di Jakarta, Kamis.

Ia menegaskan pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat demi mencegah munculnya konflik atau tindakan kriminal.

"Masalah perut sangat rawan. Orang bila lapar tidak akan bisa berpikir secara logis. Bila lapar berkepanjangan, berpotensi akan menimbulkan kesempatan untuk melakukan tindak pidana," kata Kabaharkam Polri ini pula.
Baca juga: Polda NTB dirikan dapur lapangan di Masjid Islamic Center, bantu warga


Dia mengatakan dapur umum tersebut didirikan sebagai upaya Polri menghadirkan jaring pengaman sosial bagi masyarakat dan sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar segenap jajaran pemerintah baik di pusat maupun di daerah untuk mendayagunakan seluruh kekuatan dan upaya pada penanganan COVID-19, baik di bidang kesehatan maupun menangani dampak sosial dan ekonomi yang timbul.

Instruksi Presiden tersebut menjadi penekanan khusus bagi Panglima TNI dan Kapolri yang segera memerintahkan jajarannya masing-masing untuk bahu-membahu membantu kesulitan masyarakat.

Pada kesempatan ini, Kabaharkam Polri didampingi oleh Kapolda Metro Jaya, Aslog Kapolri, Wakapolda Metro Jaya, dan Karo Penmas Polri.

Gabungan Korps Brimob Polri dan Sat Brimob Polda Metro Jaya telah mendirikan dapur umum di tujuh titik di wilayah hukum Polda Metro Jaya, yaitu di Taman Sari, Jakarta Barat; Tanjung Priok, Jakarta Utara; Kampung Melayu, Jakarta Timur; Kebayoran Lama, Jakarta Selatan; Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi; Kemayoran, Jakarta Pusat; dan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Selain itu, Kabaharkam Polri juga menyempatkan meninjau lokasi pemakaman korban COVID-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta Barat.
Baca juga: Polri luncurkan Program Keselamatan 2020 bantu warga terdampak Corona

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020