Warga Jagakarsa buat gapura antiseptik otomatis cegah COVID-19

id jakarta,cegah corona

Gapura antiseptik otomatis untuk kendaran sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) di Kampung Bambon, Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Warga Kampung Bambon, Kelurahan Jagakarsa, Jakarta Selatan membuat gapura antiseptik otomatis untuk kendaraan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

"Ini inisiatif mandiri dari para pemuda sebagai upaya kampanye melawan COVID-19 dengan berbagai cara," kata Pembina Pemuda Kampung Bambon, Iptu Yudi Haryadiana, di Jakarta, Kamis.

Yudi yang juga anggota Dittipidter Bareskrim Mabes Polri itu menjelaskan pandemi COVID-19 tak bisa diatasi tanpa semangat gotong royong dari seluruh elemen masyarakat.

“Kami menyadari jika pemerintah pusat saja yang bergerak, maka tidak akan mampu melayani seluruh warga Indonesia,"ujar Yudi.

Baca juga: Anies siapkan tempat isolasi mandiri di setiap kelurahan

Pembuatan gapura antiseptik dengan sensor ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Berbekal alat seadanya yang dikumpulkan dari warga, serta kemampuan aparat TNI membuat sensor antiseptik, kini gapura tersebut telah berdiri gagah untuk menghadang COVID-19.

“Warga Bambon RT 12 dibantu dengan aparat TNI Kizi Jihandak Ditziad, bahu membahu membantu masyarakat. Dana kami terbatas, namun tidak dengan semangat kami. Kami menggalang dana untuk mewujudkan pembuatan gapura ini dan Alhamdulillah akhirnya bisa terwujud,” jelas Yudi.

Selain itu, upaya yang dilakukan di tingkat level masyarakat bawah dengan membagi-bagikan air jahe kepada warga, penyemprotan disinfektan ke sepanjang kampung, serta membuat gapura antiseptik otomatis untuk setiap kendaraan yang memasuki wilayah Bambon.

Virus COVID-19 diketahui memang telah menyebar paling banyak di wilayah Jakarta Selatan dengan 140 kasus positif dan 3 korban jiwa di wilayah Jagakarsa.

Baca juga: Anies bicara kemungkinan PSBB diperpanjang

Untuk itu, jumlah tenaga dan dana yang terbatas tak menyurutkan semangat pemuda Kampung Bambon untuk bergerak.

“Jangan biarkan korban bertambah. Kami berharap daerah-daerah lain dapat mengikuti cara ini untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Semoga cara kami ini mendapat perhatian oleh pemerintah dan dijadikan percontohan untuk daerah-daerah lain,” harap Yudi.

Pewarta : Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar