Jakarta (ANTARA) - Vegan menjadi salah satu diet yang populer, dengan sistem pola makan berbasis pada tanaman dan tidak mengkonsumsi daging atau sumber bahan pangan hewani lainnya.

Meskipun pola makan ini memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh, namun ada efek samping yang harus diperhatikan, sama seperti yang dialami oleh aktor asal Australia, Liam Hemsworth.

Baru-baru ini aktor berusia 30 tahun itu mengakui bahwa dia baru saja menjalani operasi pengangkatan batu ginjal, yang diduga akibat pola makan vegan yang dia jalani.

"Saya berpikir pola makan yang saya jalani sudah sangat sehat. Tapi saya harus kembali mempertimbangkan apa yang saya konsumsi," ujar Hemsworth seperti dikutip laman Times of India.

Baca juga: Nino Fernandez jalani vegan supaya lebih sehat

Baca juga: Tom Hanks stop makan daging tiap Senin


Lantas apa hubungan antara diet vegan dengan batu ginjal?

Diet vegan mengharuskan seseorang banyak mengkonsumsi sayuran yang mungkin banyak mengandung pati atau zat tertentu yang disebut 'oksalat'. Secara alami, oksalat ditemukan pada sayuran seperti bayam, kentang, cokelat, dan almond.

Oksalat biasanya berikatan dengan kalsium dalam tubuh dan selebihnya akan dibuang melalui proses pencernaan. Namun suka atau tidak, diet vegan menyebabkan kondisi tubuh tidak seimbang karena ada nutrisi yang tidak masuk.

Hal ini kemudian mengganggu aliran oksalat hingga akhirnya menimbulkan penumpukan kalsium yang menyebabkan batu ginjal.

Times of India melaporkan bahwa studi yang dilakukan oleh NCBI menyatakan bahwa pola makan vegan terkait dengan tingginya prevalensi hiperurisemia berat (peningkatan kadar asam urat dalam darah) dan nefrolitiasis (endapan batu ginjal).

Baca juga: Restoran ini sajikan masakan Padang untuk vegan

Baca juga: Vegan dan tukang kayu dalam catatan sejarah dunia


Para peneliti juga mengatakan bahwa vegan cenderung memiliki lebih banyak asam urat dalam urin mereka, yang merupakan risiko tambahan yang besar.

Terlepas dari ini, terlalu banyak natrium atau kalsium dapat menjadi faktor risiko untuk produksi kristal yang mengarah pada pembentukan batu ginjal.

Kendati demikian semua kembali lagi pada kondisi tubuh masing-masing. Oleh sebab itu, penting bagi seseorang untuk berkonsultasi kepada ahli dan mengetahui kondisi tubuhnya sebelum menjalani pola makan tertentu atau diet ketat.

Baca juga: Resmi cerai, Liam Hemsworth dan Miley Cyrus kembali melajang

Baca juga: Liam Hemsworth ke bar, Miley Cyrus ditemani Kaitlynn Carter

Baca juga: Liam Hemsworth gandeng bintang "Dynasty" Maddison Brown

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020