Pemain Brasil memiliki adaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain
Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bali United Stefano "Teco" Cugurra berpandangan bahwa para pemain asal Brazil lebih cepat beradaptasi ketimbang para pemain di negara lainnya ketika bermain di Liga 1.

"Saya pikir pemain Brasil memiliki adaptasi lebih cepat dibandingkan pemain dari negara lain untuk bermain di Indonesia dan bisa bantu tim beri prestasi," kata Teco seperti dilansir di laman resmi klub, Minggu.

Ia menyoroti sejumlah pemain Brazil yang memberikan pengaruh besar bagi tim masing-masing. Seperti, Willian Pacheco (Bali United), Alex Goncalves (Tira Persikabo), Renan Silva (Bhayangkara FC), hingga Wander Luiz (Persib Bandung).

Baca juga: Persija ikat Jaimerson, gantikan William Pacheco

Untuk Willian Pacheco, pemain bertubuh jangkung ini seakan tidak pernah absen dalam menjaga lini pertahanan Serdadu Tridatu, terkecuali mengalami cedera atau akumulasi kartu.

Kemudian Renan Silva dinobatkan sebagai pemain asing terbaik Liga 1 2019 kala masih berseragam Borneo FC. Sementara, Wander Luiz menjadi pemain tersubur dan kini telah mencetak empat gol dari tiga laga bersama Persib di Liga 1 2020.

Baca juga: Wander Luiz pimpin top skor sementara Liga 1

Baca juga: Wander Luiz diperbolehkan pulang ke Brazil usai sembuh dari COVID-19


Sebelum nama-nama itu, banyak para pemain Brazil yang sempat meramaikan kancah sepak bola Indonesia. Carlos de Mello, Jacksen F. Tiago, Luciano Leandro, Antonio Claudio, David da Rocha, Hilton Moreirra, Alberto Goncalves (kemudian dinaturalisasi), hingga Patrick Cruz, dan Arthur Cunha, yang sukses bersama klub-klub yang pernah mereka bela.

Menurut Teco, mudahnya pemain Brazil beradaptasi di Liga 1 karena suasana di negara asalnya hampir mirip dengan Indonesia, apalagi sama-sama beriklim tropis.

"Negara Brazil adalah negara besar dengan banyaknya pemain bola. Ada pemain yang bagus tapi tidak bisa masuk atau bertahan lama di tim besar yang ada di Brazil," kata dia.

"Sehingga mereka lebih memilih bermain di luar negara Brazil, salah satunya Indonesia karena suasana di Brazil mirip dengan Indonesia," ujar dia menambahkan.

Baca juga: Teco dorong pemain Indonesia berani berkarier di luar negeri

Baca juga: Teco instruksikan pemain Bali United agar bekerja lebih keras

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020