Bukit Asam berdayakan UMKM produksikan puluhan ribu masker kain

id bukit asam,corona,COVID-19,virus

Pelaku UMKM diberdayakan PT Bukit Asam untuk membuat masker kain. ANTARA/HO-PT Bukit Asam

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memproduksi puluhan ribu masker, yang disalurkan ke warga Kabupaten Muaraenim, Sumatera Selatan.

Dalam rilis pers yang diterima ANTARA, Senin, disebutkan pemberdayaan ini menjadi komitmen Bukit Asam dalam mendukung pelaku UMKM dalam menghadapi pandemi virus corona (COVID-19).

Baca juga: Erick hadiri serah terima bantuan medis China Huadian untuk Bukit Asam

Pada tahap awal, sedikitnya 30.000 masker telah disiapkan melalui kerja sama dengan 14 UMKM meliputi usaha konfeksi dan badan usaha milik desa di Kabupaten Muaraenim.

Masker yang diberikan merupakan masker dengan spesifikasi bahan kain yang nyaman digunakan oleh masyarakat saat beraktivitas di luar rumah.

Penyaluran masker ini menggandeng Forum Komunikasi RT/RW/Kadus se-Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Selasa (14/4/2020).

Sementara titik penyaluran diawali di Desa Lingga dan Kelurahan Pasar Tanjung Enim.

Ketua Forum Komunikasi RT/RW/Kadus se-Kecamatan Lawang Kidul Nesti Gestonaini mengatakan pembagian masker melalui RT/RW/kadus ini dapat mempercepat distribusi masker ke masyarakat sehingga menghindari potensi adanya kerumunan untuk mendapatkan masker.

Selanjutnya, masker akan didistribusikan ke sejumlah kelurahan dan desa lainnya secara bertahap dengan bantuan sekitar 2.000 masker untuk tiap-tiap desa.

Distribusi juga dilakukan melalui komunitas seperti Forum Peduli Perempuan dan Anak Kabupaten Muara Enim, Tanjung Enim Bersih, Polres Muara Enim, Koramil Muara Enim, dan sebagainya.

“Pembagian masker diharapkan dapat membantu keberlangsungan usaha pelaku UMKM dan masyarakat umum di tengah penyebaran wabah COVID-19,” kata dia.

Baca juga: Dirut Bukit Asam: Wabah Corona tak berpengaruh pada ekspor batu bara
Baca juga: Bukit Asam siapkan dana investasi Rp4 triliun pada 2020

Pewarta : Dolly Rosana
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar