TNI bangun sejumlah fasilitas umum di Lanny Jaya

id TNI di Lanny Jaya

TNI bangun sejumlah fasilitas umum di Lanny Jaya

Pembukaan Opster TNI tahun 2020 di Kabupaten Lanny Jaya. (ANTARA/HO/Sersan Kamaruddin)

Wamena (ANTARA) - TNI angkatan darat (AD) melalui kegiatan operasi teritorial (opster) tahun 2020 akan membangun sejumlah fasilitas umum seperti pasar, rumah warga serta sarana peningkatan perekonomian warga berupa kandang untuk ternak babi di Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua.

Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto di Lanny Jaya, mengatakan kegiatan opster akan berlangsung kurang lebih 60 hari.

"Beberapa kegiatan fisik meliputi pembuatan satu unit pasar tradisional, satu rumah tipe 36, dua MCK umum, dua unit kandang babi, 10 titik lampu PJU, dua unit sumur sincin dan satu unit jembatan," katanya melalui rilis yang diterima Antara.

Baca juga: TNI AU kerahkan pesawat angkut APD untuk tangani COVID-19 di Papua

Candra mengatakan sasaran kegiatan itu adalah agar terpeliharanya integritas di wilayah darat, tercegahnya kegiatan kriminal guna terwujudnya stabilitas keamanan yang pada akhirnya tertanam rasa cinta tanah air dan bangsa dari segenap warga.

"Personel juga diharuskan melakukan kegiatan non fisik seperti pembagian sembilan bahan pokok, sosialisasi pencegahan virus corona di masyarakat serta pembagian masker dan hand sanitizer," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Lanny Jaya melalui Asisten III Alpius Yigobalom mengatakan selain TNI berperan menjaga kedaualatan negara, mempertahankan NKRI tetapi juga membantu pemerintah daerah dalam menyejahterakan masyarakat.

Baca juga: Tim Gabungan TNI-Polri petakan tempat persembunyian KKB Papua

"Salah satu tanggungjawab TNI misalnya melalui kegiatan opster, yang menjadi bentuk program mandiri TNI dan tentunya sembari bersinergi dengan pemerintah daerah untuk turut serta melaksanakan berbagai kegiatan sosial lainnya," katanya.

Ia mengatakan operasi teritorial berdampak secara langsung dalam peningkatan dan pengoptimalan kemanunggalan TNI dengan rakyat sehingga persatuan dan kesatuan bangsa terus terjaga.

"Melalui pembinaan teritorial ini juga, dengan sasaran di kampung-kampung maka upaya mengamankan wilayah tentunya akan menjadi semakin kuat," katanya.

Baca juga: Warga perbatasan RI-PNG dan TNI gotong royong bersihkan gereja Yabanda

Ia mengatakan kehadiran TNI di kampung-kampung tidak dapat terpisahkan dengan menegakkan kedaulatan bersama rakyat, dan hal itu sudah terbukti di Kabupaten Lanny Jaya.

"Dari sasarannya, mulai dibangunnya fasilitas umum dan fasilitas lainnya, oleh karenanya, saya harapkan masyarakat, aparatur pemerintah kampung mendukung sepenuhnya pelaksanaan ini," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar