Jakarta (ANTARA) - Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran COVID-19 Kementerian Agama menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak ekonomi di tengah wabah Corona lewat kemitraannya dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag.

Secara simbolis di Jakarta, Kamis, Penasihat DWP Kemenag Anni Fachrul Razi menyerahkan bantuan kepada perwakilan guru mengaji, marbot masjid, petugas kebersihan, dan santri di wilayah DKI Jakarta. Turut memberikan bantuan, Halimah Zainut Tauhid Sa’adi kepada perwakilan ojek pangkalan, janda dan petugas satpam.

Baca juga: Kemenag: Ramadhan di rumah tidak mengurangi kualitas ibadah

"Kondisi ini sangat memprihatinkan. Dalam kondisi seperti itu, jaring pengaman sosial harus segera disebar pada titik-titik yang tepat. Sasaran yang jelas dan jumlah yang terukur. Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat tentu dapat melakukan itu. Kita harus bersatu," kata Penasihat DWP Kemenag Anni Fachrul Razi.

Donasi dari Kemenag itu berupa 1.500 paket sembako yang bersumber dari dana donasi ASN Kemenag dan masyarakat. Prosesi penyerahan bantuan berlangsung di Kantor Kementerian Agama dengan tetap menjalani protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Anni mengatakan jumlah masyarakat positif COVID-19 sangat banyak. Virus bisa menyerang siapa saja, tidak pandang strata sosial, agama, jabatan, dan jenis kelamin.

Baca juga: Kemenag: Sidang Isbat Ramadhan diadakan melalui video konferensi

Baca juga: Kemenag: Selama puasa laksanakan ibadah di rumah


Selain aspek kesehatan, kata dia, corona juga berdampak pada aspek ekonomi. Adanya pembatasan interaksi secara fisik dalam rangka pencegahan penularan COVID-19 berdampak pada aktivitas perdagangan, kegiatan industri, pelayanan lembaga pemerintahan, pasar tradisional dan modern, dan kegiatan lainnya.

Akibat dari itu, pendapatan dan daya beli masyarakat turun drastis serta angka kemiskinan naik. "Kementerian Agama akan terus memberikan donasi kepedulian," kata dia.

"Saya berharap, kita terus menyelenggarakan kegiatan semacam ini sebagai wujud kontribusi kita terhadap Ibu Pertiwi yang tengah berduka. Kita jangan pernah lelah untuk melakukan perbaikan dan kepedulian. Semoga Allah senantiasa meridhoi usaha baik kita semua," katanya.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020