Jakarta (ANTARA) - Pabrik-pabrik mobil Volkswagen mulai kembali berproduksi secara bertahap di beberapa negara setelah sempat ditutup dan ditangguhkan operasinya karena pandemi virus corona baru (COVID-19).

Pertama, produksi dimulai kembali di pabrik di Zwickau dan Bratislava (Slovakia) pada Senin lalu (20/4). Pabrik lain di Jerman dan di Portugal, Spanyol, Rusia, dan AS akan menyusul mulai 27 April.

Selanjutnya, nanti pada Mei, Volkswagen akan mulai berproduksi lagi di Afrika Selatan, Argentina, Brasil, dan Meksiko.

"Dengan keputusan pemerintah federal dan negara bagian di Jerman dan melonggarnya pembatasan di negara-negara Eropa lainnya, kondisi telah ditetapkan untuk dimulainya kembali produksi secara bertahap," kata COO Volkswagen, Ralf Brandstatter, dikutip Sabtu.

Baca juga: VW ubah logo, bakal muncul pertama di Atlas Cross Sport

Baca juga: VW berencana operasikan pabrik di Spanyol pada 20 April


"Volkswagen telah mempersiapkan secara intensif untuk langkah-langkah ini selama tiga minggu terakhir. Selain mengembangkan katalog langkah-langkah komprehensif untuk perlindungan kesehatan karyawan kami, kami juga terus maju dengan pembentukan kembali rantai pasokan kami."

Atas dasar ini, kerja jangka pendek akan dilanjutkan di pabrik Volkswagen di Jerman. Namun, jumlah karyawan yang terkena waktu kerja pendek akan berkurang secara bertahap sejalan dengan dimulainya kembali produksi.

Produksi akan dilanjutkan sejalan dengan ketersediaan suku cadang saat ini, persyaratan pemerintah di Jerman dan Eropa, pengembangan pasar penjualan dan mode operasi yang dihasilkan dari pabrik.

Terlepas dari perkembangan ini, kepatuhan terhadap langkah-langkah perlindungan kesehatan yang ketat untuk karyawan akan selalu menjadi prioritas utama.

Andreas Tostmann, Anggota Dewan dari merek Volkswagen yang bertanggung jawab untuk produksi dan logistik, mengatakan VW menempatkan kesehatan karyawan dalam prioritas tinggi selama pandemi ini.

"Dengan kesadaran penuh akan tanggung jawab kami, kami memastikan bahwa ekonomi mendapatkan kembali momentum dan mobil sekali lagi meninggalkan pabrik dan menjangkau diler dan pelanggan kami."

Komponen Grup Volkswagen sudah mulai melanjutkan produksi bertahap di pabriknya di Brunswick dan Kassel mulai 6 April, diikuti oleh pabrik komponen di Salzgitter, Chemnitz dan Hanover, serta pabrik Polandia, mulai 14 April, untuk menjaga keamanan pasokan komponen untuk produksi kendaraan di China.

“Pembukaan kembali pabrik kami secara bertahap sangat penting untuk menjaga pasokan ke lokasi di luar negeri. Sekarang kita perlu memulai kembali seluruh jaringan produksi sambil mengambil langkah-langkah perlindungan yang komprehensif dan untuk memasok semua pabrik kendaraan dari berbagai merek dengan komponen ini," kata Thomas Schmall, CEO Volkswagen Group Components.

Dalam memulai kembali produksi, perusahaan juga dapat meminta pengalaman yang diperoleh di pabrik di China di mana sejumlah besar langkah-langkah perlindungan kesehatan yang konsisten telah berhasil dilaksanakan. 32 dari 33 pabrik VW di China kini telah kembali berproduksi.

Tidak ada kasus coronavirus yang dilaporkan di antara karyawan di sana. Volkswagen terus memantau dengan cermat situasi global yang muncul sebagai akibat pandemi coronavirus.

Baca juga: Volkswagen tutup pabrik di Brazil hingga April

Baca juga: VW dan Mercedes-Benz akan mulai produksi lagi minggu depan

Baca juga: Vokswagen siapkan unit pinjaman untuk pengiriman pasokan penting di AS
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020