Hari Kesiapsiagaan Bencana, PMI fokus memutus penularan COVID-19

id Palang Merah Indonesia ,PMI,Hari Kesiapsiagaan Bencana ,Pencegahan COVID-19 ,Penanggulangan COVID-19

Relawan PMI Kota sukabumi, Jawa Barat melakukan aksi edukasi promosi PHBS untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di salahsatu pusat perbelanjaan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2020. (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2020, fokus memutus mata rantai penyebaran atau penularan COVID-19 yang semakin mewabah di berbagai belahan daerah di Indonesia.

"Salah satu upaya yang dilakukan oleh PMI dalam memperingati HKB tahun ini adalah mendorong masyarakat melakukan penilaian mandiri, serta memaksimalkan setiap individu masyarakat sebagai garda terdepan dalam upaya preventif di lingkungannya masing masing untuk mencegah penularan virus mematikan tersebut," kara Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI Arifin M Hadi melalui sambungan telepon, Senin.

Baca juga: PMI Lampung buka posko 24 jam siaga bencana

Saat ini pihaknya mengimbau masyarakat untuk bisa tetap di rumah saja dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Menurutnya, sejak awal munculnya kasus COVISD-19 di Wuhan, China, PMI sudah mempersiapkan seluruh komponennya baik tingkat provinsi hingga kota maupun kabupaten.

Personel PMI yang disiapkan tersebut untuk melakukan berbagai upaya promosi kesehatan, PHBS, edukasi kepada masyarakat perihal pencegahan COVID-19 melalui cuci tangan yang baik, jaga jarak, isolasi mandiri serta gerakan untuk tetap di rumah saja dan tidak keluar rumah bila tidak ada hal penting atau mendesak.

Baca juga: PMI Banjarnegara intensifkan posko siaga bencana

Selain itu, pihaknya juga terus menggerakkan relawan PMI dan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) di seluruh Indonesia untuk melakukan promosi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang bekerja sama dengan lurah/kepala desa, RT dan RW.

"Kerja sama ini untuk melakukan surveilance berbasis masyarakat, deteksi dini memantau pergerakan warga serta mendata penduduk yang rentan dan menjadi penghubung dengan pihak rujukan untuk layanan kesehatan, ambulans dan keamanan," tambahnya.

Sementara, di Kota Sukabumi, Jawa barat, sejumlah relawan PMI setempat melakukan aksi edukasi dan promosi PHBS dalam upaya memutus rantai penyebaran virus yang belum ada vaksinnya tersebut di pusat pembelanjaan dan keramaian di Kota Sukabumi

Aksi ini merupakan bagian dari peringatan HKB 2020 yang digelar dengan cara berbeda di tahun ini di tengah pandemi COVID-19 yang sudah mewabah di berbagai daerah. HKB diperingati setiap tanggal 26 April.

Baca juga: PMI mengajak relawannya untuk siap siaga dan respon bencana

 

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar