Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin menyerahkan bantuan 196 koli atau sekitar 9.800 Alat Pelindung Diri (APD) kepada Dinas Kesehatan Sulsel di Posko Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel.

Penyerahan APD tersebut diwakili oleh Wakil Asisten Logistik Kasdam XIV/Hsn Letnan Kolonel Cpn Fajar Lutvi Wijaya kepada pihak Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yang diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Fithriyani, Apt, M.Kes di Makassar, Rabu.

Baca juga: Kodam Hasanuddin siapkan Posko Siaga COVID-19

Fajar mengatakan APD tersebut akan segera didistribusikan ke seluruh rumah sakit di kabupaten dan kota se-Sulsel terutama bagi rumah sakit yang ditunjuk menangani penderita COVID-19.

"Dengan adanya bantuan APD ini diharapkan tim medis yang menangani pasien COVID-19 tidak kekurangan alat pelindung yang sangat urgen untuk melindungi diri dalam menjalankan tugas kemanusiaan," katanya.

Sementara itu, Fithriyani memberikan apresiasi pada pihak Kodam XIV/Hasanuddin yang juga bagian dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Sulsel.

Menurut dia, petugas medis dan paramedis sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19, saat menjalankan tugasnya juga penting melindungi diri agar tidak tertular virus Corona jenis baru itu.

Baca juga: Kodam Hasanuddin bagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19

Baca juga: Pangdam: Aparat akan tindak tegas agar kasus Kolaka tidak terulang


Sebab, di lapangan sejumlah tenaga medis sudah banyak tertular karena tidak memiliki APD yang sesuai standar WHO ataupun Kemenkes. Bahkan, diantaranya terpaksa menggunakan jas hujan sebagai APD karena tidak ada suplai APD.

Dengan adanya bantuan APD dari Kodam XIV/Hasanuddin itu juga bantuan dari pihak lainnya, diharapkan petugas kesehatan di RS yang menjadi rujukan penanganan COVID-19 tidak lagi kekurangan APD.
Suasana penyerahan bantuan 196 koli APD dari pihak Kodam XIV/Hasanuddin yang diwakili oleh Wakil Asisten Logistik Kasdam XIV/Hsn Letnan Kolonel Cpn Fajar Lutvi Wijaya kepada Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Fithriyani, Apt, M.Kes di Posko Tim Gugus Tugas Percepatan Penagangan COVID-19 Sulsel di Makassar, Rabu (29/4/2020). ANTARA Foto/HO/Pendam Hasanuddin

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020