Kami memastikan bahwa pada hari Minggu, 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya
Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 4.414 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pelanggan listrik PLN di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) akan mendapatkan stimulus gratis pembayaran tagihan listrik, yang merupakan bagian dari program pemerintah untuk perlindungan rakyat yang terdampak pandemi COVID-19.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Daru Tri Tjahjono, dalam siaran pers kepada ANTARA di Pekanbaru, Minggu, menyatakan UMKM yang mendapat pembebasan tagihan listrik adalah pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA (Volt Ampere). Mereka terdiri dari 1.361 pelanggan pascabayar dan 3.053 pelanggan prabayar.

“Di tengah pandemi ini kami akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat dengan meringankan beban pelaku industri kecil khususnya di provinsi Riau dan Kepulauan Riau” kata Daru Tri Tjahjono.

Baca juga: Ini cara dapatkan listrik gratis enam bulan

Sebelumnya Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyatakan saat ini PLN sedang menyiapkan mekanisme teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1) yang memiliki sambungan daya 450VA. Keputusan pembebasan tarif tagihan listrik dan pemberian token gratis bagi pelanggan golongan tersebut telah diputuskan oleh pemerintah melalui Rapat Terbatas pada 29 April 2020.

Saat ini, menurut Zulkifli, tim PLN sedang menyiapkan sistem untuk memasukkan sekitar 500.000 pelanggan listrik golongan bisnis kecil dan industri kecil berbasis token. Proses tersebut akan memakan waktu sekitar 12 jam sampai seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis. “Estimasi kami sudah selesai satu hari. Yang sudah tersedia langsung bisa digunakan. Kami memastikan bahwa pada hari Minggu, 3 Mei 2020, seluruh token sudah di-generate, sehingga program ini langsung dirasakan manfaatnya,"ujar Zulkifli Zaini.

Baca juga: MPR apresiasi PT PLN bantu UMKM di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: PLN sebut aktivitas di rumah sebabkan konsumsi listrik meningkat


Pewarta: FB Anggoro
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020