Jakarta (ANTARA) - Rumah singgah yang disediakan oleh Perum Peruri bagi para tenaga medis Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) dalam penanganan COVID-19  siap digunakan.
 
"Kami berterima kasih kepada Peruri atas fasilitas rumah singgah ini. Kebetulan jarak dari rumah singgah ini ke RSPP tidak jauh. Sekitar 10 menit sudah sampai," kata Direktur Utama Peruri  Dwina Septiani Wijaya dan Direktur RSPP, Christiana Lindadalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Erick Thohir ganti Direktur Keuangan Peruri

Sebagai garda terdepan, tenaga medis tentu memiliki peran yang sangat vital dalam penanganan pandemi COVID-19. Oleh karena itu, faktor kesehatan dan kebugaran para tenaga medis menjadi penting dalam penanggulangan COVID-19.

Tetapi di tengah perjuangan tersebut, terdapat kendala terkait kesehatan dan akomodasi mengingat para tenaga medis terus bekerja hingga melebihi jam kerja. Melihat urgensi kebutuhan akomodasi para tenaga kesehatan, Peruri terpanggil dan bergerak cepat untuk memberikan dukungan lebih kepada para tenaga medis. 

Dengan memanfaatkan aset yang ada, Peruri berinisatif menyediakan rumah singgah layak huni dan nyaman bagi tenaga medis yang bekerja di RSPP sebagai salah satu rumah sakit rujukan pasien COVID-19.

Baca juga: Peruri berhasil memenangkan proyek pencetakan uang kertas Peru

Rumah singgah yang disediakan sebanyak tiga unit yang terletak di Jalan Sunan Kalijaga nomor 1, 3 dan 5 di kawasan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dengan kapasitas 48 tempat tidur. Peruri juga berkolaborasi dan bermitra dengan pengusaha lokal swasta PT Mobi Sinergi Internasional (MSI) terkait dengan pengelolaan dan "hospitality services".

Beberapa prosedur pencegahan terhadap COVID-19 telah dilakukan sebelum rumah singgah Peruri ditempati oleh para tenaga medis dengan menyemprotkan cairan disinfektan dan "fogging" di seluruh ruangan.

Rumah singgah Peruri dikelola dengan sangat baik, antara lain adanya pengaturan untuk reservasi penghuni, pengaturan keamanan dan kebersihan, penjagaan standar kualitas yang konsisten selama operasional, audit dan laporan setiap bulan untuk kebersihan, keselamatan dan keamanan, kualitas produk, penggunaan bahan kebersihan, layanan siaga 24 jam serta standar-standar layanan lainnya.

"Sungguh bahagia dapat memberikan pelayanan dan akomodasi kepada pejuang kesehatan dalam rangka melawan COVID-19. Harapannya melalui penyediaan rumah singgah tersebut para tenaga medis dapat beristirahat dengan nyaman mengingat mereka terpaksa harus menjaga jarak dengan keluarga atau kerabat setelah bekerja keras demi kesembuhan pasien COVID-19. Kontribusi kami mungkin tidak besar tetapi semoga memberikan manfaat di dalam situasi yang sulit ini," kata Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020