Dalam kunjungan itu, ternyata ditemukan rata-rata rumah sakit mengkhawatirkan keterbatasan APD dan penunjang lainnya yang mereka miliki, sementara grafik positif COVID-19 di NTB terus meningkat
Mataram (ANTARA) - Satuan Gugus Tugas (Satgas) Lawan COVID-19 DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membagikan alat pelindung diri (APD) kepada enam rumah sakit di provinsi itu dalam upaya membantu tenaga medis memerangi wabah corona jenis baru penyebab COVID-19.

Ketua Satgas COVID-19 DPRD NTB Sambirang Ahmadi di Mataram, Rabu mengatakan sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan kunjungan ke sejumlah rumah sakit rujukan dalam rangka pengawasan kesiapan dan proses penanganan pasien COVID-19.

Dalam kunjungan itu, ternyata ditemukan rata-rata rumah sakit mengkhawatirkan keterbatasan APD dan penunjang lainnya yang mereka miliki, sementara grafik positif COVID-19 di NTB terus meningkat.

"Kondisi inilah yang kami laporkan ke Satgasnas DPR RI. Alhamdulillah Satgas Lawan COVID-19 DPR RI langsung merespon dan mendrop bantuan sejumlah 6 box yang terdiri atas 300 baju APD, 120 kaca mata googles, 6.000 masker medis, dan 150 alat 'rapid test'," katanya.

Menurut Sambirang bantuan Satgas DPR RI tiba hari Minggu (3/5) dan pada Senin (4/5) langsung distribusikan ke enam rumah sakit di NTB. Di antaranya empat di Pulau Lombok dan dua di Pulau Sumbawa.

Di Lombok disepakati disalurkan ke RSUD Provinsi NTB, RSUD R. Soedjono Selong Lombok Timur, RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat, dan RSUD Lombok Tengah.

"Yang di Pulau Sumbawa diserahkan ke RSUP Manambae di Sumbawa, dan RSUD Kabupaten Bima," kata politikus PKS tersebut.

Ia menyatakan untuk penyerahan pada hari Senin, sudah dilaksanakan penyerahan bantuannya ke RSUD Provinsi NTB di Mataram yang dipimpin Ketua Komisi V DPRD NTB TGH Mahally Fikri dan RSUD Lombok Tengah dipimpin Lalu Satriawandi.

"Hari ini Rabu (6/5) dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD Selong yang dipimpin Abdul Hadi dan dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD Lombok Barat yang akan dipimpin Hasbullah Muis," katanya.

"Sedangkan, untuk penyerahan bantuan ke Kabupaten Bima akan dipimpin Wakil Ketua DPRD NTB Mori Hanafi, sedangkan ke RS Manambae Sumbawa akan dipimpin saya sendiri," tambahnya.

Anggota DPRD NTB dari daerah pemilihan (Dapil) Kabupatem Sumbawa dan Sumbawa Barat itu mengaku mengapresiasi Satgas Lawan COVID-19 DPR RI yang peduli dan responsif terhadap aspirasi DPRD di daerah.

"Kami berterima kasih kepada Satgas Lawan COVID-19 DPR RI yang peduli dan responsif terhadap aspirasi kami di daerah. Semoga kita juga tetap mendapatkan droping bantuan tahap berikutnya karena semua rumah sakit baik yang rujukan utama maupun yang second line telah melakukan register permohonan bantuan ke satgas pusat," demikian Sambirang Ahmad.

Baca juga: Positif COVID-19 NTB bertambah 7 kasus, dua masih anak-anak

Baca juga: Anggota DPRD Lombok Barat berstatus PDP meninggal dunia

Baca juga: Golkar instruksikan kader NTB realokasi APBD penanganan COVID-19

Baca juga: DPRD NTB tunda perjalanan dinas dan rapat paripurna cegah Corona

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020