Penerbangan Jambi-Jakarta bakal beroperasi lagi mulai Minggu

id penerbangan ,bandara sultan thaha,jambi,angkasa pura

Ilustrasi: Calon penumpang di Bandara Sultan Thaha Jambi sedang antre untuk memasuki terminal keberangkatan. (ANTARA/HO/AP-II Jambi)

Jambi (ANTARA) - Bandara Sultan Thaha Jambi dipastikan kembali diterbangi pesawat penumpang dengan kriteria pengecualian mulai Minggu 10 Mei 2020 setelah lebih dari dua pekan tanpa penerbangan ke bandara itu.

"Untuk hari ini (Kamis, 7/5) belum ada. InsyaAllah mulai tanggal 10 Mei 2020 ada lagi penerbangan ke Jambi," kata Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi Muhammad Hendra Irawan ketika dihubungi di Jambi, Kamis.

Ia menyebutkan maskapai penerbangan yang sudah konfirmasi memulai operasionalnya pada Minggu (10/5) yakni Lion Air dan Batik Air dengan rute Bandara Sultan Thaha Jambi-Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Kemudian disusul oleh Garuda Indonesia pada Senin (11/5) dengan rute sama.

Penerbangan komersial maupun sewa untuk penumpang ditutup sejak 24 Maret 2020 lalu oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang diakibatkan lalu lintas antar-daerah. Namun kemudian Kemenhub membuka penerbangan dengan kriteria pengecualian mulai Kamis (7/5).

Baca juga: Menhub: Kunjungan kerja boleh asal tidak bawa keluarga

"Penerbangan ini nantinya bukan untuk penumpang umum apalagi untuk mudik, bukan. Pembukaan penerbangan kali ini juga untuk penumpang dengan kriteria pengecualian seperti untuk urusan dinas, orang sakit yang akan berobat dan beberapa alasan lainnya yang sudah diatur persyaratan dan dokumen yang harus disertakannya," kata Irawan.

Ia menyebutkan ketiga maskapai penerbangan itu sudah menghubungi otoritas Bandara Sultan Thaha untuk penerbangan itu. Namun demikian pihak maskapai juga harus melakukan persiapan dan sosialisasi tentang penerbangan kriteria khusus itu.

"Sebenarnya Kamis (7/5) ini sudah bisa melayani operasional, tapi harus disesuaikan dengan kesiapan maskapai. Kita koordinasi terus teknis dan penyesuaian jadwal mereka," katanya.

Untuk melayani penerbangan kriteria khusus itu di Bandara Jambi, pihaknya sudah melakukan persiapan, salah satunya menyiapkan posko kesehatan dan pemeriksaan dokumen dan kesehatan calon penumpang itu.

Baca juga: Menhub: Mulai 7 Mei seluruh moda transportasi dibuka kembali

 

Pewarta : Syarif Abdullah
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar