Kemarin, bantuan beras 1,5 ton hingga survei beribadah di rumah

id Virus Corona,COVID-19,Pandemi COVID-19 ,Penanganan COVID-19,SMA 1 Makassar,Badan Intelijen Negara,BIN,Unair,Universitas Airlangga,Komnas HAM,Ibadah di

Suasana Alumni SMANSA Makassar melakukan aksi peduli dengan melakukan pembagian bahan pangan (beras) pada warga sasaran di Kota Makassar, Jumat (8/5/2020). ANTARA Foto/HO/Sekretaris SMANSA Mks

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora kemarin menjadi perhatian banyak pembaca mulai dari alumni SMA Negeri 1 Makassar membagikan 1,5 ton beras untuk warga terdampak COVID-19 di Makassar hingga survei Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tentang praktik ibadah di rumah saat pandemi COVID-19.

1. Alumni SMANSA bagikan 1,5 ton beras pada warga terdampak COVID-19

Alumni SMA Negeri 1 (SMANSA) Makassar Angkatan '81 membagikan 1,5 ton bahan pangan berupa beras pada warga terdampak COVID-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Ini adalah wujud kepedulian alumni SMANSA dengan melakukan aksi peduli terhadap warga terdampak COVID-19 di Kota Makassar yang menjadi episentrum penyebaran pandemi ini," kata Koordinator Penyaluran paket pangan berupa beras Yetti Mangatta di Makassar, Jumat.

2. BIN bantu penelitian UNAIR kembangkan vaksin COVID-19

Badan Intelijen Negara (BIN) membantu penelitian kesehatan di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya dengan menyumbang berbagai jenis peralatan laboratorium.

Bantuan tersebut diharapkan dapat mempercepat kinerja tenaga peneliti kesehatan di kampus setempat, khususnya terkait pengembangan obat dan vaksin COVID-19.

3. Survei Komnas HAM: 94,5 persen warga ibadah di rumah

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melakukan survei bertema kepatuhan masyarakat untuk beribadah di rumah selama bulan Ramadhan 1441 H untuk menanggulangi wabah COVID-19.

Berdasarkan hasil survei tersebut, 94,5 persen dari 669 responden telah menjalani ibadah dari rumah sesuai dengan anjuran pemerintah.

4. Berbelanja aman ke pasar tradisional saat pandemi

Kegiatan berbelanja menjadi lebih penting selama bulan Ramadhan. Semua orang tentunya ingin menyajikan makanan terbaik sebagai menu sahur dan berbuka untuk keluarganya.

Namun, di tengah pandemi ini, apakah aman berbelanja ke pasar? Jika terpaksa anda harus keluar rumah.

5. Razia saat PSBB Jabar kian gencar dilakukan

Petugas Gabungan dari Polres Cirebon Kota, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan gencar menggelar razia terhadap sejumlah pengendara saat penerapan PSBB Provinsi Jawa Barat.

Seperti yang dilakukan pada Jumat malam (8/5). Selain didapat banyak yang tidak menggunakan masker serta kendaraan bermotor berboncengan dengan alamat berbeda, petugas juga mendapati adanya pengendara nekat mudik sehingga diminta untuk berputar arah. 

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar