Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyerahkan surat keputusan pembukaan program studi (Prodi) baru terhadap tiga perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah itu secara daring.

“Selamat kepada pimpinan perguruan tinggi yang telah memperoleh SK izin pembukaan program studi. Selamat menjalankan amanah dari pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, di Padang, Sabtu.

Hal itu disampaikan pada saat menyerahkan tiga SK izin penyelenggaraan empat program studi baru kepada tiga pimpinan PTS secara daring.

Ia berpesan agar tiga PTS tersebut melihat kembali proposal usulan saat pengajuan. Kemudian mempererat hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya dan lakukan berbagai strategi menyiapkan Kampus Merdeka demi terlaksananya pendidikan yang bermutu.

Baca juga: LLDIKTI Wilayah X minta PTS tetap optimalkan belajar secara daring

Baca juga: UISU perguruan tinggi sehat di Sumut, sebut LLDikti


Menurut dia, tantangan sekarang tidaklah mudah. Perguruan tinggi harus lebih akrab dengan teknologi dan perlu bekerja sama dengan perguruan tinggi lain dalam mengoptimalkan pembelajaran, berbagi konten serta melatih dosen supaya pembelajaran daring pelaksanaannya bisa efektif.

"Dalam masa pandemi COVID-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar, pelayanan di LLDIKTI Wilayah X tetap terlaksana dengan baik," ujar dia.

Kemudian Sekretaris Lembaga Yandri selaku moderator diskusi menyampaikan tiga PTS yang mendapatkan SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang izin penyelenggaraan program studi.

"Pertama, Universitas Adiwangsa Jambi memperoleh izin pembukaan program studi keperawatan program sarjana dan program studi pendidikan profesi perawat program profesi," kata dia.

Kemudian, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIkes) Pekanbaru Medical Central memperoleh izin pembukaan program studi gizi program sarjana dan Politeknik Jambi memperoleh izin pembukaan program studi teknik rekayasa perangkat lunak program sarjana terapan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Rektor Universitas Adiwangsa Jambi, Ketua STIKes PMC, dan Direktur Politeknik Jambi, dan Kasubbag Kelembagaan beserta staf LLDIKTI Wilayah X.*

Baca juga: LLDikti Wilayah X kembangkan aplikasi pendaftaran secara daring

Baca juga: LLDIKTI : masih ada PTS di Kalimantan belum terakreditasi

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020