Gedung Putih bantah laporan media yang sebut Mike Pence swakarantina

id mike pence,wapres AS,donald trump,presiden AS,gedung putih,virus corona,COVID-19,pandemi,wabah

Gedung Putih bantah laporan media yang sebut Mike Pence swakarantina

Direktur National Institute of Allergy and Infectious Disease Anthony Fauci menyimak bersama Wakil Presiden Mike Pence (tengah) saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan pemaparan harian soal virus corona (COVID-19) di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Selasa (17/3/2020). ANTARA/REUTERS/Jonathan Ernst/TM

Washington (ANTARA) - Gedung Putih menyatakan pada Minggu (10/5) bahwa Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence tidak menjalani karantina mandiri.

Pernyataan itu dikeluarkan untuk membantah laporan media, yang menyebut Pence melakukan swakarantina setelah ada ajudan yang terpapar virus corona.

"Wakil Presiden Pence akan terus mengikuti anjuran dari Unit Kesehatan Gedung Putih, dan saat ini tidak dalam masa karantina," kata Juru Bicara Devin O'Malley dalam sebuah pernyataan.

"Di samping itu, Wakil Presiden Pence juga selalu mendapat hasil negatif ketika dites setiap harinya, dan direncanakan berada di Gedung Putih esok hari," ditulis lebih lanjut dalam pernyataan tersebut.

Baca juga: Siapa pun yang berada di sekitar Trump dan Pence akan dites corona

Sebelumnya pada hari yang sama, seorang jurnalis Bloomberg melalui cuitannya di Twitter menyebut bahwa Pence menjalani isolasi mandiri dan menjauh dari Gedung Putih, menyusul diagnosis positif COVID-19 pada salah satu pegawai dekat.

NBC News, sementara itu, melaporkan bahwa Pence "agak menjaga jarak" dengan orang-orang lain sepanjang akhir pekan kemarin.

Tiga pejabat senior yang memimpin tim Pemerintah AS dalam penanggulangan wabah COVID-19 menjalani isolasi mandiri sejak Sabtu (9/5) setelah berkontak dengan seseorang yang terpapar corona, menurut keterangan resmi.

Ketiganya adalah Direktur Institut Alergi dan Penyakit Menular Nasional Anthony Fauci, Direktur CDC Robert Redfield, dan Komisioner Badan Makanan dan Obat-obatan Stephen Hahn.

Baca juga: Anggota kantor Wapres AS terinfeksi corona

Pada Jumat (8/5) pekan lalu, Trump mengumumkan kepada wartawan bahwa juru bicara Pence, Katie Miller, dikonfirmasi positif terjangkit corona, sehari setelah muncul kabar bahwa juru parkir pribadi Trump juga terpapar virus tersebut.

Trump menyebut dirinya tidak melakukan kontak dengan Katie Miller--yang juga istri dari penasihat senior pemerintahan, Stephen Miller--namun juru bicara itu memang sempat bersama dengan Pence.

Bagaimanapun, pemerintah AS menyebut tidak berencana memisahkan Pence dengan Presiden Donald Trump, kata seorang sumber, selagi tingginya perhatian terhadap penyebaran virus corona di lingkungan Gedung Putih.

Baik Trump maupun Pence mendapat kritik karena tidak mengenakan masker, padahal Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) merekomendasikan penggunaan masker dalam kegiatan publik.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pence: Gedung Putih berencana bubarkan gugus tugas COVID-19

Baca juga: Obama sebut penanganan Trump terhadap pandemi COVID-19 semrawut

Pewarta : Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar