Teheran (ANTARA) - Sedikitnya seorang pelaut Iran tewas dan sejumlah lainnya terluka dalam insiden kapal militer selama latihan Angkatan Laut di Teluk Oman, menurut stasiun TV pemerintah Iran, Senin.

Teluk Oman merupakan jalur pelayaran yang sangat sensitif sebab terhubung ke Selat Hormuz, yang dilalui oleh sekitar seperlima pasokan minyak dunia, yang pada gilirannya tersambung ke Teluk.

"Insiden terjadi di perimeter pelabuhan Jask selatan Iran di Teluk Oman selama latihan Angkatan Laut Iran pada Minggu. Sedikitnya satu orang tewas dan sejumlah lainnya terluka," kata penyiar tersebut, mengutip AL Iran.

Pasukan bersenjata Iran secara rutin mengelar latihan di kawasan tersebut.

Kantor Bertia Fars melaporkan insiden terjadi di kapal pendukung Konarak, kapal perang peluncur roket buatan dalam negeri, yang bergabung dengan armada angkatan laut pada 2018.

"Kondisi insiden saat ini masih menjalani pemeriksaan teknis," demikian Kantor Berita ISNA.

Namun Kantor Berita Tasnim menyebutkan bahwa kapal lain tak sengaja melepaskan roket ke kapal Konarak selama latihan berlangsung.

"Fregat kelas Moudge Jamaran secara tak sengaja menembak kapal Konarak dengan sebuah roket," demikian kantor berita tersebut.

Sumber: Reuters
Baca juga: Kapal perang AS di Laut Arab sita senjata yang diduga buatan Iran
Baca juga: AS konfirmasi pembebasan pelautnya oleh Iran
Baca juga: Latihan Amerika Serikat di Teluk tak menyasar Iran

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2020