Jakarta (ANTARA) - Kepala Bagian Penerangan Umum Divhumas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan terjadi kenaikan angka kriminalitas di seluruh Indonesia pada awal Mei 2020.

"‎Untuk situasi kamtibmas, khusus pekan ke 18 dan pekan ke 19, terjadi kenaikan gangguan kamtibmas sebanyak 7,06 persen," kata Kombes Ahmad Ramadhan di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa.

Peningkatan kasus kriminalitas terjadi khususnya pada kejahatan jalanan seperti pencurian dengan pemberatan dan pencurian kendaraan bermotor. Selain itu juga pada kasus narkoba dan hoaks di media sosial.

Ramadhan merinci, di pekan ke 18, terjadi 3.244 kasus kejahatan. Lalu di pekan ke 19, naik 7,06 persen atau naik 229 kasus menjadi 3.473 ‎kasus kejahatan.

Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi dari jajaran Polri, terjadi peningkatan kualitas kejahatan jalanan diantaranya pelaku yang tidak segan melukai para korbannya.

"Yang jadi catatan kami, terjadi juga kenaikan kualitas kejahatan jalanan seperti narkotika, pencurian dengan pemberatan, pencurian kendaraan bermotor, penggelapan dan kasus hoax," tuturnya.

Baca juga: Cegah COVID-19 Polri sudah bubarkan sejumlah kegiatan kerumunan warga

Ramadhan pun meminta masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada jika hendak keluar rumah.

Dia pun mengingatkan sebaiknya masyarakat tetap mematuhi kebijakan PSBB untuk tinggal di rumah.

Jika harus ke luar rumah diminta wajib menggunakan masker dan mematuhi aturan PSBB.

"Jika harus bepergian, gunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan diparkir di tempat aman, perhatikan lingkungan sekitar. Lapor ke Kepolisian terdekat bila menemukan sesuatu yang mencurigakan atau mengancam keamanan," katanya.

Baca juga: Kapolri tunjuk Kadiv Humas Polri jadi Kapolda NTB

Baca juga: Kombes Ahmad Ramadhan orang intel jadi Jubir Polri


Baca juga: Polri apresiasi banyak tayangan televisi bertema polisi

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020