Pagaralam, Sumsel,(ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 skala richter (SR) mengguncang Pagaralam ,Senin (27/7) pukul 06:10:25 WIB yang berpusat di Bintuhan, Provinsi Bengkulu.

Gempasempat membuat warga panik berhamburan keluar rumah dan kamar penginapan serta kamar hotel. Akibat gempa ini gedung dan tiang listrik termasuk bangunan tinggi seperti kantor Walikota dan Kantor DPRD Kota Pagaralamterasa bergoyang kuat.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dadang Pramana didamping Operator Gempa Irwan, di Bengkulu, Senin, dihubungi melalui telepon, mengatakan, gempa tersebut terjadi pada titik koordinat 4,92 lintang selatan (LS) dan 102,73 bujur timur (BT).

"Pusat gempa yang tidak berpotensi menimbulkan tsunami dan kerusakan meskipun terasa cukup kuat getarannya, itu berada pada 73 Km barat daya Bintuhan Provinsi Bengkulu dengan kedalaman 57 Km," ungkapnya.

Kepala Pusat Pemantau Gunung Api Dempo Slamet didampingi stafnya Mulyadi, mengatakan, gempa terasa dengan kekuatan 4 MMI jika diukur dengan alat seismograf.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009