Saya mengimbau masyarakat Indonesia yang memiliki rezeki longgar, bantulah kebun binatang melalui makanan seperti buah-buahan, daging, dan lain sebagainya
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak masyarakat  yang ingin melakukan kegiatan sosial selama masa pandemi COVID-19 salah satunya dengan menjadi orang tua asuh bagi hewan-hewan di kebun binatang yang ada di Indonesia.

"Saya mengimbau masyarakat Indonesia yang memiliki rezeki longgar, bantulah kebun binatang melalui makanan yang mereka butuhkan seperti buah-buahan, daging, dan sebagainya. Karena kebutuhan mereka sangat tinggi," kata pria yang akrab dipanggil Bamsoet itu saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis.

Ada banyak bentuk bantuan sosial yang bisa diberikan kepada hewan di kebun-kebun binatang di Indonesia mulai dari bantuan dana, makanan berupa daging mentah, dan buah, hingga menjadi orang tua asuh.

"Terserah nanti bagaimana bisa jadi bapak angkat bagi hewan disana, bisa juga donasi secara tunai ada rekeningnya dari Asosiasi Perhimpunan Kebun Binatang Indonesia yang membutuhkan penggalangan dana namun suaranya kurang dan masih belum banyak yang tahu," kata Bamsoet.

Baca juga: Ketua MPR RI akan bantu hewan Kebon Binatang Ragunan

Baca juga: Ragunan pastikan kebutuhan pakan satwa terpenuhi selama pandemi

Baca juga: Ragunan ditutup, tapi perawatan satwa tetap normal
​​​​​​​

 

Bamsoet pun mencontohkan untuk di Jakarta masyarakat dapat berdonasi atau menjadi orang tua asuh untuk hewan-hewan di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

"Tidak usah jauh-jauh di Jakarta ada Kebun Binatang Ragunan, di Bandung juga ada, hampir di seluruh Indonesia kita punya kebun binatang. Sangat disayangkan kalau tidak ada yang perhatian. Kita dorong agar masyarakat bisa menjadi orang tua angkat bagi hewan yang ada," kata politisi Partai Golkar itu.

Bamsoet nantinya akan berkunjung dan memberikan bantuan makanan berupa daging mentah dan buah-buahan bagi ribuan hewan di Kebun Binatan Ragunan pada Jumat (15/5).

Meski demikian sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, memastikan kebutuhan pakan satwa koleksi kebun binatang tetap terpenuhi meski tengah menghadapi pandemi COVID-19.

"Sampai saat ini masih aman, tidak ada masalah karena penganggaran kita ikut Pemprov DKI Jakarta," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (30/4).

Ketut menyebutkan kebutuhan pakan untuk 2.888 ekor lebih satwa koleksi Ragunan sudah dihitung, sehingga saat terjadi pandemi dan ditutupnya operasional kebun binatang tidak menjadi kendala untuk kebutuhan pakan.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020