Kupang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyebutkan jumlah pasien positif COVID-19 di daerah ini berjumlah 47 orang dengan adanya penambahan delapan kasus baru positif COVID-19 dari sebelumnya tercatat 39 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere dalam keterangan pers di Kupang, Jumat, mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium biologi monekuler (PCR) RSUD) Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang terhadap 46 sampel spesimen swab yang diperiksa pada Kamis, ditemukan ada delapan yang positif COVID-19.

Menurut dia delapan kasus baru positif COVID-19 itu tersebar di Kabupaten Sikka empat kasus dan Kota Kupang tiga kasus serta Sumba Timur 1 kasus.

Dia mengatakan, empat pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sikka merupakan eks penumpang KM Lambelu sehingga jumlah pasien positif di Kabupaten Sikka dari sebelumnya delapan kasus meningkat menjadi 12 kasus positif COVID-19 yang merupakan eks penumpang KM Lambelu.

Baca juga: NTT belum berencana terapkan PSBB

Baca juga: PDIP harap Gubernur NTT tinjau kebijakan aktifkan ASN bekerja


Sementara itu tiga pasien positif COVID-19 di Kota Kupang merupakan kasus transmisi lokal sehingga jumlah pasien positif COVID-19 di ibu kota provinsi NTT ini menjadi 14 kasus positif COVID-19 dari sebelumnya hanya 11 kasus.

"Kasus positif COVID-19 di Kota Kupang semakin meningkat sehingga dibutuhkan keseriusan masyarakat untuk menaati aturan protokol kesehatan yang berlaku," kata Dominikus Minggu Mere didampingi juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu.

Penambahan jumlah pasien positif COVID-19 di NTT juga terjadi di Kabupaten Sumba Timur sebanyak satu kasus, sehingga jumlah kasus positif COVID-19 di kabupaten di Pulau Sumba itu menjadi dua orang.
Sejumlah prajurit TNI dari Kodim 1604 Kupang, Nusa Tenggara Timur sedang melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah warga di Kelurahan Naikoten II, Kota Kupang guna mencegah penyebaran virus Corona baru atau COVID-19, Jumat (15.5.2020), (Antara/ Benny Jahang)


Menurut Dominikus Minggu Mere, dengan adanya penambahan delapan kasus baru positif COVID-19, maka jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di provinsi berbasis kepulauan ini mencapai 47 orang, dua diantaranya telah dinyatakan sembuh dan satu meninggal dunia.

"Sedangkan 43 orang lainnya sedang menjalani perawatan di rumah sakit di NTT," kata Dominikus Minggu Mere.*

Data-Data pasien positif COVID-19 di NTT

1. Kabupaten Manggarai Barat 12 orang
2. Kabupaten Sikka 12 orang
3. Kabupaten Ende 1 orang
4. Kabupaten Flores Timur 1 orang
5. Kabupaten Sumba Timur 2 orang
6. Kabupaten Nagekeo 1 orang
7. Kabupaten Timor Tengah Selatan 2 orang
8. Kabupaten Rote Ndao 2
9. Kota Kupang 14 orang dan dua orang sembuh serta satu meninggal dunia.*

Baca juga: PDIP NTT bantu telur ayam untuk warga terdampak COVID-19

Baca juga: Bupati se-Pulau Sumba sepakat lakukan "rapid test" pelintas perbatasan

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020