Pembagian paket ini juga dalam rangka membantu pemenuhan kebutuhan protein
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan membagikan 1.300 paket ikan bermutu dalam rangka menggemakan gerakan bangga buatan Indonesia untuk masyarakat terdampak COVID-19 di  ​​​​​​Merauke, Papua, lokasi perbatasan RI-Papua Nugini..

"Kegiatan ini dalam rangka menjalankan fungsi edukasi kepada masyarakat dalam hal penyediaan ikan sehat dan bermutu," kata Kepala SKIPM Merauke Nikmatul Rochmah dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: KKP bantu ikan segar untuk warga NTT terdampak COVID-19

Ia memaparkan paket bantuan tersebut berisi ikan beku, ikan kaleng, serta produk olahan ikan lainnya seperti abon ikan dan bakso ikan.

Nikmatul mengemukakan pembagian paket ikan dan ikan olahan ini merupakan gagasan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam rangka meningkatkan imun untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Rencananya, 1300 paket ikan beku dan olahan ini akan didistribusikan di tiga lokasi, yakni Merauke, perbatasan Sota, serta Kabupaten Boven Digoel.

"Pembagian paket ini juga dalam rangka membantu pemenuhan kebutuhan protein bagi
masyarakat yang terdampak COVID-19," ucapnya.

Dari Bulan Mutu Karantina ini, Nikmatul mengutarakan harapannya agar dapat muncul kebanggaan pada produk-produk perikanan Indonesia, terlebih olahan ikan yang termasuk dalam paket merupakan produksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Merauke.

"Kegiatan ini juga untuk membangkitkan kebanggaan terhadap produk kita, sebagaimana pesan Presiden Jokowi terkait gerakan nasional bangga buatan Indonesia," tukasnya.

Pada pembagian ini, tim SKIPM Merauke turut dibantu Anggota Komisi IV DPR Sulaeman L Hamzah berupa bantuan beras dan mi instan.

Sulaeman berharap kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa gotong royong dan meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Semoga virus corona segera hilang dari Tanah Air sehingga kondisi kembali berjalan normal seperti biasa," katanya.

Baca juga: KKP tebar 10.000 benih ikan di perbatasan RI-Malaysia
Baca juga: KKP bagikan 2.106 paket ikan bermutu untuk masyarakat perbatasan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020