KBRI adakan iftar daring untuk masyarakat Indonesia di Hongaria

id iftar online,WNI di Hongaria,KBRI Budapest,buka bersama online

Acara iftar dan buka bersama online masyarakat Indonesia di Hongaria yang diselenggarakan oleh KBRI Budapest setiap Jumat selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah di tengah pandemi COVID-19. (HO-KBRI Budapest)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest mengadakan kegiatan iftar daring untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di Hongaria.

Alhamdulillah walaupun dengan suasana prihatin, KBRI Budapest sampai saat ini berhasil mengadakan kegiatan iftar atau buka puasa online bersama seluruh warga Muslim Indonesia di Hongaria, demikian disampaikan KBRI Budapest dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Kegiatan iftar  itu melibatkan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Hongaria dan dilakukan setiap Jumat dengan didahului pengajian ayat suci Al-Quran, kultum kemudian buka puasa bersama online dengan hidangan yang telah dipersiapkan oleh peserta iftar online di rumahnya masing-masing.

Ibadah puasa Ramadhan 1441 Hijriah atau tahun 2020 Masehi kali ini memang lain dari pada biasanya.

Baca juga: PM Hongaria terapkan karantina wilayah, sebut puncak pandemi pada Juli
Baca juga: PM Hongaria harapkan pemulihan ekonomi cepat


Adanya wabah penyakit infeksi virus baru corona (COVID-19) membuat pemerintah Hongaria menerapkan karantina wilayah dan pembatasan pergerakan  sehingga kegiatan massal dilarang termasuk kegiatan beribadah massal.

"Kegiatan bukber online ini bertujuan untuk menjaga silaturahmi antara warga negara Indonesia di Hongaria serta untuk tetap memberikan semangat dalam menjalankan ibadah puasa di waktu kondisi serba terbatas saat ini," ujar A.H. Dimas Wahab, Duta Besar RI untuk Hongaria.

Dubes Dimas sebelumnya menyapa WNI sebelum memasuki bulan Ramadan melalui silaturahmi online dengan seluruh masyarakat Indonesia di Hongaria.

Acara buka puasa  yang diselenggarakan KBRI Budapest juga dimeriahkan dengan kuis pada akhir acara dengan tema yang berbeda-beda setiap pekannya disesuaikan dengan isi ceramah.

Bukber online itu selalu dinantikan oleh warga Indonesia di Hongaria untuk dapat bertatap muka secara online.

Selain itu, setiap peserta akan memperlihatkan hidangan buka puasanya kepada peserta yang lain sehingga memberikan inspirasi hidangan untuk waktu buka bersama berikutnya.

Baca juga: KBRI dampingi WNI terdampak pandemi COVID-19 di Hongaria
Baca juga: PM Hongaria peringatkan ancaman gelombang kedua corona pada Oktober

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar