Banda Aceh (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat mencoba membatik motif Aceh di Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) saat mengunjungi arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) V.

Presiden bersama ibu negara Ani Yudhoyono mengunjungi Dekranas di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Rabu, usai membuka secara resmi PKA V sore tadi yang sudah berlangsung sejak 2 Agustus hingga 11 Agustus 2009.

Produk unggulan Dekranas Aceh yang diketuai Darwati A Gani berupa batik motif Aceh yang mulai didalami sejak pascatsunami.

Kepala negara mencetak batik motif pintu Aceh di selembar kain disaksikan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf beserta istri dan rombongan di antaranya Menteri Dalam Negeri Mardiyanto dan Direktur Bulog Mustafa Abubakar.

Di Dekranas, Presiden juga diserahkan kenang-kenangan berupa miniatur kapal. Selain itu kepala negara dan ibu Ani juga sempat duduk di kursi perdamaian.

Kursi perdamaian tersebut dihadiahkan seorang seniman ukir dari dataran tinggi Gayo, Malio Adnan, kepada gubernur Aceh Irwandi Yusuf atas jasa-jasanya menjaga dan merawat perdamaian Aceh.

Presiden juga mengunjungi anjungan Kota Banda Aceh yang memamerkan karya-karya seni kuno seperti naskah dan Al qur`an kuno serta foto-foto Banda Aceh saat masih disebut Kutaraja.

Selain membuka PKA yang merupakan evenT budaya yang digelar lima tahun sekali, Presiden juga meresmikan sejumlah proyek pembangunan pada Kamis (6/8) seperti Bandara Sultan Iskandar Muda.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009