Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Waykanan, Lampung Utara, dan Pesisir Barat pada siang dan sore hari
Bandarlampung (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini kewaspadaan potensi cuaca buruk yang diperkirakan terjadi pada sejumlah wilayah di Provinsi Lampung pada Selasa pagi hingga Rabu (20/5) pagi.

Dalam rilis yang diterima di Bandarlampung, Selasa pagi, Tim Prakirawan Stasiun BMKG Radin Inten Lampung menyampaikan peringatan dini kewaspadaan potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Waykanan, Lampung Utara, dan Pesisir Barat pada siang dan sore hari.

Kewaspadaan serupa di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Barat, dan Pesisir Barat pada malam dan dini hari.

BMKG juga menyampaikan apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui Whatsapp Group (0816-404-333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung melalui laman http://www.stametlampung.com.

Adapun prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 19 Mei pukul 07.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2020 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari timur hingga tenggara dengan kecepatan antara 5-15 knots (9-28 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 3-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 25-33 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 16-30 derajat Celsius.

Kelembapan udara secara umum berkisar antara 55-92 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 68-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung diprakirakan pagi hari cerah hingga berawan.

Siang hingga sore hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Waykanan, Lampung Utara, Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Timur, dan Tanggamus.

Malam hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Barat, dan Pesisir Barat.

Dini hari berpotensi hujan di wilayah Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Waykanan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Barat, Pesisir Barat, Pringsewu, Pesawaran, dan Kota Bandarlampung.

Baca juga: BMKG peringatkan potensi hujan lebat, petir sejumlah wilayah Lampung

Baca juga: BMKG: Lampung berpotensi hujan lebat-angin kencang

Baca juga: Daerah-daerah ini berpontensi hujan lebat disertai angin kencang di Lampung, menurut prediksi BMKG

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020