Jakarta (ANTARA) - Pengguna iPhone yang mengandalkan enkripsi ujung ke ujung WhatsApp mungkin tidak menyadari bahwa ada celah yang memungkinkan peretas untuk membaca pesan mereka, namun kini WhatsApp akan menutup celah keamanan tersebut.

Menurut halaman FAQ WhatsApp, dikutip dari Phone Arena, Minggu, pesan WhatsApp yang dicadangkan di iCloud tidak dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung aplikasi tersebut. Namun, pembaruan akan datang untuk menutup kerentanan ini.

Forbes melaporkan bahwa WhatsApp iOS versi beta menyertakan perubahan yang "memungkinkan enkripsi riwayat obrolan yang ada di iCloud, termasuk media" melalui pengaturan pada aplikasi WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp terintegrasi ke Messenger Rooms di pembaruan beta

Baca juga: WhatsApp nantinya bisa aktif di dua perangkat


Jika WhatsApp memutuskan untuk melanjutkan dan memasukkan fitur tersebut dalam pembaruan yang akan datang untuk aplikasi iOS, otoritas, peretas, dan bahkan Apple akan dihalangi untuk membaca pesan teks pengguna yang dienkripsi.

Pada dasarnya, pembaruan tersebut akan memperluas enkripsi ujung ke ujung yang tersedia dari WhatsApp ke pesan yang disimpan di iCloud. Selain iOS, WhatsApp kabarnya juga mengembangkan perlindungan yang sama untuk pencadangan obrolan di Android.

Sama seperti obrolan WhatsApp yang disimpan di iCloud, obrolan yang disimpan pengguna Android di Google Drive juga tidak terjangkau enkripsi ujung ke ujung. Fitur baru tersebut tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.20.73 dan dinamai "Protect Backup."

Perlu diingat bahwa meskipun enkripsi ujung ke ujung ada di dalam aplikasi, jika pengguna membuat cadangan obrolan di iCloud atau Drive, pengguna membuatnya rentan untuk dibaca. Meski tidak ada bukti bahwa celah tersebut telah dieksploitasi, pengguna WhatsApp sebaiknya memperhatikan hal ini.

Sebelumnya, WhatsApp juga dikabarkan menguji coba fitur baru dengan penambahan dukungan kode QR untuk iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat kode QR pribadi untuk membantu orang lain menemukan mereka. Dukungan kode QR juga akan segera tersedia untuk pengguna WhatsApp beta untuk Android.

Baca juga: WhatsApp iOS tambah dukungan kode QR di pembaruan beta

Baca juga: WhatsApp bakal bisa untuk video call 50 orang

Baca juga: WhatsApp Business kini terintegrasi dengan Facebook Page

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020