Jakarta (ANTARA) - Perjuangan Dita Karang untuk menjadi anggota grup idola wanita K-pop Secret Number tidaklah mudah, ia bahkan sempat ingin menyerah karena belum juga berhasil debut.

Sebelum debut bersama Secret Number, Dita menjalani masa pelatihan atau trainee selama dua tahun. Namun ia sempat merasa kalau kemampuannya tidak mengalami peningkatan hingga ingin menyerah.

"Pernah mau nyerah karena skill kok segitu-gitu aja, kayak salah jalan atau gimana. Tapi aku ngobrol juga ke teman-teman yang udah lima sampai tujuh tahun trainee gimana," jelas Dita dalam bincang-bincang virtual di Instagram Live, Minggu.

Pemilik nama asli Pupsa Aditya Karang itu lantas mengatakan tak mau menyerah mengingat jadi idola adalah impian dia sedari dulu.

"Endingnya, ini kan aku yang pilih. Ini yang aku mau. Enggak ada gunanya kalau aku menyerah nanti aku malah nyesel kalau enggak ngelakuin," lanjutnya.

Gadis asal Yogyakarta itu juga pernah merasa capek secara mental. Namun karena ia sudah memiliki tekad yang kuat, semua tetap dijalani hingga membuahkan hasil seperti sekarang.

"Menurut aku capeknya bukan di fisik tapi mentalnya yang lebih banyak. Tapi aku jadi sadar pentingnya kita untuk mengobrol. Jadi aku ngobrol sama member-member di sini," kata Dita.

Saat pertama datang di Korea Selatan, Dita sama sekali tidak bisa berbahasa Korea. Ia pun mengikuti kursus setiap hari, bahkan kini Dita sudah lancar berbicara dan bernyanyi menggunakan bahasa Korea.

"Karena aku pengin bisa debut di sini, ya aku harus bisa bahasa sini. Aku nonton drama buat belajar bahasanya, sampai akhirnya aku nonton enggak pakai subtitle," kata gadis kelahiran 25 Desember 1996 itu.

"Tapi sampai sekarang aku masih belajar. Satu jam sehari, tiap hari. Sekarang aku udah bisa ngobrol sama member, para staf, orang music broadcast. Di sini kan ada tiga tingkatan bahasa, beda kalau ngomong sama member atau staf atau yang lebih tua," lanjutnya.

Dita merupakan gadis asli Indonesia pertama yang bergabung dalam grup K-pop. Ia bersama Secret Number memulai debut pada 19 Mei lalu.

Sebelum debut menjadi anggota Secret Number, Dita menjalani masa pelatihan (trainee) di Born Star Training Center di New York, Amerika Serikat. Ia merupakan lulusan AMDA College and Conservatory of the Performing Arts, New York lalu bergabung dengan 1Million Dance Studio.


Baca juga: Dita Karang, gadis Indonesia yang debut di grup K-pop SECRET NUMBER

Baca juga: Usai debut rutinitas Dita Karang mulai jam 3 pagi hingga tengah malam

Baca juga: Perjalanan Dita Karang hingga debut di grup K-pop SECRET NUMBER

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020