Jakarta (ANTARA) - Deddy Corbuzier menyatakan dirinya independen saat mewawancarai mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari yang beberapa waktu lalu ditayangkan di saluran YouTube milik Deddy.

"Sebelum saya memberitahukan semua orang bahwa saya tidak terikat pada sebuah politik tertentu, partai politik atau golongan tertentu, tidak ada sama sekali. Saya bersifat independen yang saya bela adalah bangsa negara Indonesia demikian dengan isi video tersebut," kata Deddy melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Selasa.

Dalam unggahan video berdurasi sekira 4 menit itu, Deddy mengungkap kronologis bagaimana dia akhirnya bisa melakukan wawancara dengan menteri kesehatan era Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2009) tersebut.

"Video yang terjadi adalah ketika di rumah sakit ketika saya bersilahturahmi dengan ibu Siti Fadilah dan saya meminta izin kepada ibu Siti Fadilah dan diizinkan tanpa sedikit pun paksaan karena beliau menginginkan adanya informasi untuk masyarakat Indonesia yang bisa membantu bangsa kita segera menyelesaikan pandemi COVID-19," kata pria 43 tahun tersebut.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyebut wawancara antara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah menyalahi aturan lembaga tersebut mengingat status Siti Fadilah yang masih menyandang status terpidana sebagai akibat kasus korupsi yang menjeratnya.

Ditjen PAS Kemenkumham mengatakan wawancara harus dilakukan di bawah izin tertulis dari Menteri atau Direktur Jenderal.

Wawancara juga harus dilakukan sesuai jam kerja sehingga ada pendampingan dari pegawai pemasyarakatan. Isi wawancara, kata Ditjen PAS, hanya boleh berkaitan dengan pembinaan narapidana. 

Kenyataannya, Deddy melakukan wawancara dengan Siti Fadilah pada Rabu (20/5), di Ruang Paviliun Kartika kamar 206, RSPAD Gatot Subroto, sekira pukul 21.30 WIB-23.30 WIB. 

Deddy Corbuzier menanggapi tudingan Ditjen PAS..

Baca juga: Wawancara Deddy Corbuzier dengan Siti Fadilah langgar prosedur

Baca juga: Deddy Corbuzier beli mobil listrik Tesla Model 3

Baca juga: Agnez Mo tegaskan diri sebagai nasionalis

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020