Kemarin balita sembuh dari COVID-19, kasus corona Jakarta turun

id Protokol normal baru, pasien sembuh covid, tes utbk

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis meninjau Mal Summarecon Bekasi untuk melihat persiapan penerapan prosedur standar kenormalan baru, yang mencakup penerapan protokol pencegahan COVID-19, di sarana perniagaan pada Selasa (26/5). (ANTARA/Agus Suparto)

Jakarta (ANTARA) - Pada Selasa (26/5) satu balita dinyatakan sembuh dari COVID-19, tren COVID-19 menurun di Jakarta, dan pemerintah mengeluarkan protokol kerja pada era normal baru yang menganjurkan tidak ada sif kerja.

Selain itu ada warta soal perkembangan kasus infeksi virus corona dan penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang bisa dibaca kembali dalam ringkasan berita berikut:

Balita di Kota Metro dinyatakan sembuh dari COVID

Anak balita pasien COVID-19 di Kota Metro, laki-laki berusia 2,8 tahun, dinyatakan sembuh.

"Pasien 02 yakni ananda Z, balita berusia 2,8 tahun asal Kecamatan Metro Timur hasil swab ketiga dan keempat dinyatakan negatif sehingga bisa dikatakan udah sehat," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas COVID-19 Kota Metro, Nasir AT. MM.

Ia mengimbau masyarakat di Kecamatan Metro Timur menerima balita tersebut karena memang sudah dinyatakan sembuh.


Presiden yakin kurva penularan COVID-19 akan terus menurun

Presiden Joko Widodo yakin tingkat penyebaran COVID-19 bisa terus menurun dengan upaya mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan seperti yang diatur dalam pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Presiden di Jakarta, Selasa, mengatakan tingkat penularan COVID-19 yang diukur dari Reproduction Number (R0) di beberapa provinsi di Indonesia telah menurun ke bawah 1.

Pakar Gugas COVID-19: Tren DKI Jakarta menurun, Jatim naik

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan berdasarkan peta risiko yang ada, kasus COVID-19 di DKI Jakarta sudah mulai menurun sementara di Jawa Timur sedang mengalami kenaikan.

"Jakarta sudah mulai menurun. Namun, pemudik yang balik nanti bila tidak dicegah bisa menimbulkan second wave (gelombang kedua)," kata Wiku dalam jumpa pers secara daring yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia dipantau dari Jakarta, Selasa.


LTMPT katakan materi tes UTBK 2020 disederhanakan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang merupakan syarat untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di 74 lokasi pusat UTBK.

"UTBK akan diselenggarakan di 74 UTBK Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Tanah Air," ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Mohammad Nasih dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.


Protokol "normal baru" mencakup anjuran tiadakan shift kerja jaga imunitas

Salah satu protokol kesehatan di era normal baru untuk tempat kerja agar bisa kembali menjalankan bisnisnya mensyaratkan pekerja tidak boleh terlalu lelah agar tidak menurunkan imunitas tubuh sebagai pencegahan penularan COVID-19, termasuk anjuran meniadakan sistem kerja shift.

Ketentuan mengenai pengaturan waktu kerja yang tidak terlalu panjang atau lembur tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi yang dikutip di Jakarta, Selasa.


Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar