Warga Gang Songsi bantu keluarga berstatus ODP COVID-19

id warga gang songsi, covid-19, spanduk dukungan

Spanduk dukungan warga Gang Songsi RW 06 Tanah Sereal kepada keluarga terpapar COVID-19 di Tambora, Jakarta Barat, Jumat (29/5/2020). (ANTARA/HO-Dokumentasi RW 06 Tanah Sereal)

Jakarta (ANTARA) - Warga Gang Songsi RW 06 Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat saling membantu menekan penyebaran COVID-19, dengan memfasilitasi satu keluarga berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Ketua RW 06 Tanah Sereal Saad mengatakan, ada satu satu warganya yang dinyatakan positif COVID-19 di malam Idul Fitri, dan meninggalkan 14 anggota keluarganya yang berisiko terpapar virus.

"Setelah shalat Id, mereka kita evakuasi ke mushala, karena mereka emang enggak punya tempat isolasi mandiri, cuma ada di mushala. Kita taruh di lantai dua mushala," ujar Saad di Jakarta, Jumat.

Baca juga: SMAN 112 Jakarta siapkan kuota khusus untuk anak tenaga medis

Saad memastikan seluruh warga di wilayahnya mendukung keluarga tersebut menjalani isolasi mandiri di mushala.

Keluarga terpapar COVID-19 tersebut, dikatakannya, memiliki rumah yang tidak layak untuk isolasi mandiri, sebab tak memiliki kamar mandi.

"Rumahnya ada tiga lantai, satu keluarga satu lantai cuma enggak ada kamar mandi. Mereka setiap hari memang mandi, cuci dan buang air di WC umum," kata dia.

Baca juga: Kamis ini, pertambahan kasus positif COVID-19 Jakarta masih seratusan

Dukungan warga terhadap keluarga terpapar COVID-19 pun nyata adanya. Mereka memasang spanduk berisi tulisan dukungan semangat.

Keluarga tersebut tinggal menunggu hasil tes usap untuk membuktikan apakah diantara mereka terjangkit virus tersebut.

"Alhamdulillah warga sudah kita kasih arahan bahwa ODP ini belum tentu (positif), kemarin sudah dites tinggal menunggu hasil. Alhamdulillah semuanya dukung enggak dikucilkan," ujar Saad.

Baca juga: Disdik DKI tegaskan sekolah dibuka jika situasi aman dari COVID-19

 

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar