Bandara Betoambari tunggu instruksi buka penerbangan komersil

id bandara,Kota baubau

Kantor Bandar udara Betoambari Kota Baubau. (foto Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Bandara Betoambari di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra),  menunggu instruksi dari Kementerian Perhubungan untuk membuka kembali layanan penerbangan komersil untuk penumpang umum.

Bandara tersebut tidak melayani operasional penerbangan komersil (penumpang umum) yang terjadwal ke seluruh rute domestik sejak 25 April hingga 31 Mei 2020. 

"Selama 25 April hingga 31 Mei 2020, Bandara Betoambari hanya melayani penerbangan pengecualian atau penerbangan khusus, sedangkan untuk komersil tidak ada,” kata Kepala Seksi Teknik dan Operasi Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Betoambari, Muhammad Basuki melalui pesan singkat yang diterima, Minggu.

Ia mengatakan, pelayanan operasional penerbangan penumpang umum di Bandara Betoambari baru akan dibuka pada awal Juni, namun pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Perhubungan dan Tim Gugus Tugas COVID-19.

Baca juga: AP II rumuskan protokol antisipasi normal baru

“Jadi kemungkinan info pastinya itu tanggal 1 Juni besok, apakah diperpanjang atau sudah dibuka,” katanya.

Basuki mengatakan, selama melayani operasional penerbangan khusus, Bandara Betoambari tetap menerapkan standar protokol kesehatan COVID-19.

Penerbangan khusus dimaksud, antara lain pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu/wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional. Kemudian repatriasi atau pemulangan WNI dan WNA serta operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat petugas penerbangan.

Baca juga: Bandara Juanda siap terapkan pelayanan new normal

Basuki menambahkan pelayanan penerbangan angkutan kargo dibolehkan Kemenhub namun Bandara Betoambari tidak melayani karena tidak ada penerbangan angkutan kargo di bandara ini.

"Tujuan penerbangan komersil di Bandara Betoambari Baubau selama ini yaitu meliputi dari dan tujuan Makassar dan Kota Kendari," tuturnya.
Sebuah pesawat komrsial milik Lion Grup saat menurunkan penumpang di Bandar udara Betoambari Kota Baubau (foto Antara/Azis Senong)

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar