Paris (ANTARA News/AFP) - Klub Inggris Aston Villa secara menyakitkan tersingkir dari persaingan di Liga Eropa meski mengalahkan tim tamu Rapid Vienna 2-1 pada pertandingan kedua babak kualifikasi, Jumat WIB.

Setelah kalah 0-1 pada pertandingan pertama di kandang lawan, kemenangan di Villa Park pada pertemuan kedua tersebut membuat skor imbang 2-2, tapi Vienna dinyatakan sebagai pemenang karena unggul gol di kandang lawan.

Pada pertandingan kedua ini, yang dimainkan di stadion Villa Park yang separuh kursi penontonnya kosong, tim asuhan Martin O`Neill`s ini tampak tidak berdaya menghadapi sergapan striker Nikica Jelavic yang melesakkan gol tandang yang penting di sisa waktu 14 menit pertandingan.

Satu tendangan penalti James Milner dan serangan di babak kedua dari John Carew memberi harapan kepada Villa bagi kemenangan 2-1 atas keunggulan gol agregat dan mereka tampak merasa yakin bisa melanjutkan ke babak tahapan grup yang diundi Jumat.

Namun sepak terjang Jelavic, yang juga mencetak gol di pertemuan pertama, membuyarkan harapan Villa itu, sehingga membuat klub Inggris itu sangat menyesali gagalnya penalti di babak pertama yang dilakukan oleh Ashley Young.

O`Neill mengatakan, "Kami seharusnya bisa bisa lolos. Kami seharusnya bisa membaca gelagat sebelum mereka mencetak gol dan kami tidak beruntung."

"Saya sungguh merasa sangat kecewa kami tidak bisa melanjutkan ke babak berikutnya," tambahnya.

Sementara itu, klub saingan Villa di Liga Utama Inggris, Everton dan Fulham berhasil lolos untuk melanjutkan ke babak tahapan grup Liga Eropa.

Everton ditahan imbang 1-1 oleh Sigma Olomouc dalam pertandingan tandang di Republik Ceko dengan meraih kemenangan 5-1 atas gol agregat, tetapi harus bermain selama 80 menit dengan hanya 10 pemain setelah bek Tony Hibbert terkena hukuman kartu merah karena melakukan suatu pelanggaran.

Klub Merseysiders, yang sudah unggul 4-0 di pertemuan pertama, memperkokoh keunggulan mereka di leg kedua ini lewat gol dari pemain internasional Afrika Selatan Steven Pienaar sesaat menjelang waktu turun minum dengan satu gol hiburan dari Pavel Sultes bagi klub Ceko itu di menit ke-80.

"Mereka melakukan tugasnya dengan sangat baik," ujar bos Everton David Moyes.

"Saya senang kami lolos ke babak berikut, ini sangat penting bagi kami. Saya kira permainan kami semakin membaik saat pertandingan berlangsung. Mereka terus menekan kami tetapi kami bisa bertahan dengan cukup baik dan malah bisa mencetak satu gol lagi."

Klub Fulham asuhan Roy Hodgson melakukan perjalanan yang melelahkan ke bagian timur Rusia tempat mereka kalah 0-1 dari Amkar Perm yang mencetak satu gol lewat tembakan Martin Kushev di menit akhir, namun klub London itu masih aman dengan kemenangan kandang mereka 3-1 di pertemuan pertama sehingga mereka menang dengan gol rata-rata 3-2.

Zenit St Petersburg, juara Piala UEFA 2008, tersingkir lebih dini oleh klub Portugal Nacional.

Klub Rusia itu tertinggal 3-4 di pertemuan pertama tetapi mereka tampak yakin bisa lolos ke tahap berikut ketika Fatih Tekke memberi mereka keunggulan 1-0 di menit ke-34 untuk menyamakan gol rata-rata mereka dan berharap menang atas peraturan gol tandang.

Namun, saat pertandingan tinggal semenit lagi, Ruben Micael mencetak gol penentu kemenangan tim Portugal, Nacional, itu sehingga mereka yang berhak maju ke babak berikutnya.

Mantan pelatih timnas Inggris Steve McClaren menonton tim asuhannya Twente ditahan imbang tanpa gol di Qarabag, Baku, namun berhasil menang dalam keunggulan gol rat-rata 3-1, sementara sesama klub Belanda, Ajax, menang 2-1 atas Slovan Bratislava bagi kemenangan rata-rata 7-1.

Francesco Totti mencetak hat-trick saat AS Roma menekuk MFK Kosice dari Slowakia 7-1 bagi kemenangan telak dengan gol rata-rata 10-4, sementara klub Spanyol Villarreal mengalahkan NAC Breda dari Belanda 6-1 dalam kemenangan 9-2 dari dua pertemuan itu.

Pada penentuan undian hari Jumat, sebanyak 38 pemenang babak play-off tersebut akan digabungkan dengan 10 tim yang kalah di babak play-off Liga Champions. Mereka akan dibagi dalam 12 grup yang masing-masing terdiri atas empat tim.

(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009