Pasien sembuh dari COVID-19 di Kaltim bertambah 12 orang

id update COVID-19,Kaltim,sembuh,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak (ANTARA/Arumanto)

Samarinda (ANTARA) - Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur terus mengalami penambahan sebanyak dua belas orang dan menjadikan jumlah keseluruhan pasien sembuh menjadi 173 orang berdasarkan update Dinas Kesehatan wilayah setempat, Minggu (31/5).

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak menjelaskan tambahan dua belas pasien sembuh tersebut tujuh di antaranya berasal dari wilayah Kabupaten Berau, tiga orang dari Kota Balikpapan dan dua lainnya di Kabupaten Kutai Barat.

" Tentunya kami sangat bersyukur karena dalam sepekan terakhir jumlah pasien sembuh terus mengalami peningkatan drastis, bahkan jumlahnya lebih dari separoh kasus COVID-19 yang kami tangani," kata Andi Muhammad Ishak menyampaikan rilis harian secara virtual.

Baca juga: 52 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulut sembuh

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu menyebutkan bahwa semua pasien sembuh setelah dinyatakan dua kali negatif uji swab dari laboratorium BBLK Surabaya, TCM RSUD Abdul Rivai, PCR RSUD AW Syahranie, PCR RS Pertamina Balikpapan, dan TCM RSUD Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan.

" Kami juga telah menerima hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggungjawab pelayanan yang merawat kasus tersebut bahwa pasien sudah dinyatakan sehat," kata dia

Andi Muhammad Ishak juga menyampaikan informasi adanya penambahan pasien terkonfirmasi negatif sebanyak 25 orang, yakni 21 orang berada di Kutai Barat dan 4 lainnya di Kabupaten Berau.

Sayangnya lanjut Andi Muhammad Ishak, di Kaltim masih terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak empat orang.

Baca juga: 2.102 pasien COVID-19 sembuh selama pandemi di Jakarta

" Ada empat orang tambahan kasus positif yakni tiga orang di Kutai Kartanegara dan satu lainnya di Kota Balikpapan," jelasnya.

Untuk tambahan kasus positif di Kutai Kartanegara yakni KKR 48 (Laki-laki 17 tahun), KKR 49 (Laki-laki 56 tahun) dan KKR 50 (Laki-laki 58 tahun).

"Seluruh kasus merupakan kasus OTG yang kontak erat dengan SMD 39 dan SMD 40. Kasus dirawat di RS Karantina Bapelkes sejak 29 Mei 2020," imbunya.

Sedangkan tambahan satu kasus positif di Kota Balikpapan yakni BPN 61 Laki-laki 38 tahun) merupakan OTG yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan dan kasus dirawat di RS Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan sejak 29 Mei 2020.

" Secara umum perkembangan kasus COVID-19 yang kami tangani sudah ada grafik penurunan, total ada 295 kasus yang kami tangani, 173 orang dinyatakan sembuh, 119 orang masih menjalani perawatan dan tiga orang meninggal dunia," tegasnya.

Baca juga: Pasien COVID-19 terakhir di RSUD AA Riau dinyatakan sembuh
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Kaltim capai 162 orang

Baca juga: RS Darurat Wisma Atlet catat 2.472 pasien sembuh


Pewarta : Arumanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar