Timika (ANTARA) - Sejumlah prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat memasang bendera Merah Putih di kendaraan roda dua maupun empat milik warga yang melintasi Jalan Trans-Nabire Mile 32, depan Markas Komando Batalyon 754 Eme Neme Kangasi/20/3/Kostrad, Senin.

Komandan Yonif 754/ENK Letkol Inf. Dodi Nur Hidayat di Timika, Senin, mengatakan bahwa pemasangan bendera Merah Putih pada kendaraan tersebut untuk memeriahkan peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni.

"Ini merupakan wujud kecintaan masyarakat Indonesia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Danyon Letkol Inf. Dodi Nur Hidayat.

Menurut dia, kegiatan ini memiliki nilai penting bagi para prajurit Yonif 754/ENK agar lebih memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara sekaligus perekat keutuhan NKRI.

Baca juga: Pakar sebut ruang siber ancaman eksistensi Pancasila

Baca juga: COVID-19 harus jadi inspirasi dalam memaknai Pancasila

 
Prajurit TNI AD dari kesatuan Yonif 754/ENK memasang bendera Merah Putih pada kendaraan milik warga. ANTARA/Evarianus Supar


Diakui pula bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila itu belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat, tidak saja di Kabupaten Mimika, tetapi juga di daerah lain di Indonesia.

Selain menyemarakkan Hari Lahir Pancasila, pemasangan bendera Merah Putih pada kendaraan warga yang melintasi depan Mako Yonif 754/ENK sekaligus memompa semangat para prajurit agar tetap dan terus setia pada NKRI serta berjuang demi mempertahankan persatuan dan kesatuan negara dari berbagai ancaman.

Warga menyambut baik prakarsa prajurit Yonif 754/ENK yang memasangi kendaraan mereka dengan bendera Merah Putih.

"Terima kasih kepada bapak-bapak TNI. Terus terang kami baru tahu soal Hari Lahir Pancasila karena selama ini sepertinya tidak pernah diperingati secara khusus di Mimika," kata Yakobus (41), warga Timika.

Dengan kegiatan pemasangan bendera Merah Putih ini,  menurut Yakobus, mengingatkan masyarakat bahwa setiap 1 Juni adalah peringatan Hari Lahir Pancasila.

"Tentu kami mendukung penuh TNI dalam upaya mempertahankan keutuhan NKRI," katanya menegaskan.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Puan ingatkan jargon Ho Lopis Kuntul Baris
 
Prajurit TNI AD dari kesatuan Yonif 754/ENK memasang bendera Merah Putih pada kendaraan milik warga. ANTARA/Evarianus Supar

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020