Total ada 55 pedagang yang menempati los tersebut di lantai 2 Pasar Argosari
Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung Dinas Kesehatan melakukan tes cepat COVID-19 massal di Pasar Argosari dalam penelusuran klaster pasar ikan penyebab penyebaran virus corona.

Kepala Disperindag Gunung Kidul Johan Eko di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinkes terkait persiapan pelaksanaan tes cepat tersebut.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di DIY naik 244 orang dari klaster penjual ikan

"Total ada 55 pedagang yang menempati los tersebut di lantai 2 Pasar Argosari. Mereka merupakan penjual ikan dan daging ayam," kata Johan.

Ia mengharapkan tes cepat massal tidak hanya dilakukan terhadap penjual ikan dan daging ayam, tapi seluruh pedagang yang ada di pasar tersebut. Hal ini mengingat, Gunung Kidul menjadi wilayah transmisi lokal.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Gunung Kidul kembali bertambah

"Kami berharap pedagang lainnya dilakukan 'rapid test' juga jika memungkinkan," harapnya.

Sementara itu Kepala Dinkes Gunung Kidul Dewi Irawaty mengatakan pemeriksaan perlu dilakukan mengingat ada kekhawatiran potensi penularan COVID-19 dari dua kasus positif pertama di Kecamatan Karangmojo.

Baca juga: Gunung Kidul masih mengkaji rencana pembukaan rumah ibadah

"Kami khawatir dua kasus positif ini sebelumnya juga melakukan kontak dengan pedagang di Pasar Argosari," kata Dewi.

Dewi mengatakan dua penjual ikan tersebut tertular COVID-19 dari luar wilayah Gunung Kidul. Meskipun demikian, mereka melakukan kontak dengan warga di lingkungan tempat tinggal mereka dan menciptakan klaster baru.

Setelah dilakukan penelusuran awal, diketahui ada 311 warga yang berkontak. Mereka pun kemudian menjalani tes cepat, di mana hasilnya ada 12 warga reaktif. Spesimen swab pun kemudian diambil dari 12 warga ini.

Baca juga: Disdikpora Gunung Kidul perpanjang kegiatan belajar dari rumah

Baca juga: Pemkab Gunung Kidul masih tutup objek wisata


"Pada Minggu (7/6), hasil uji swab menunjukkan ada empat orang yang terkonfirmasi positif dari 12 warga reaktif. Sehingga total ada enam kasus dari kluster yang sama. Penularan pada empat kasus ini justru terjadi di lingkungan tempat tinggal, bukan karena aktivitas jual-beli," katanya.

Dewi mengatakan berdasarkan empat kasus tersebut, Dinkes kembali melakukan penelusuran dan hari ini didapat 78 warga yang terlibat kontak. Dewi mengatakan mereka akan menjalani tes cepat hari ini. "Semoga hasilnya non-reaktif," harapnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini di Gunung Kidul tercatat ada 43 kasus secara akumulatif, 35 dinyatakan sembuh, tujuh dalam perawatan, dan satu meninggal dunia.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Gunung Kidul menjadi 35 orang

Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020