Politik kemarin, UIN Malang minta maaf hingga normal baru di pesantren

id Wapres, kh ma'ruf amin, pesantren

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan lewat rekaman video untuk Webinar Nasional dengan tema "Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah menuju New Normal Life" dari kediaman dinas wapres di Jakarta, Kamis (4/6/2020). ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres/am.

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 8/6) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, diawali UIN Malang minta maaf atas gangguan "webinar" Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin hingga pandangan Wapres soal normal baru di pesantren.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

UIN Malang minta maaf atas gangguan di "webinar" Wapres Ma'ruf

Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang, Jawa Timur akhirnya mengirimkan surat permohonan maaf kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas insiden gangguan berupa coretan di wajah Wapres saat menjadi pembicara dalam website seminar (webinar).

Surat permohonan maaf tersebut disampaikan kepada Wapres Ma'ruf melalui Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), dengan ditandatangani oleh Rektor UIN Maliki Malang Abd. Haris dan Tim Teknologi Informasi, Humas dan Staf Rektor UIN Maliki Malang, Senin.

Selengkapnya di sini

Rudyatmo benarkan DPC PDIP Surakarta tolak mundurnya Purnomo

Ketua DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo membenarkan pengurus DPC PDIP setempat telah menolak mundurnya bakal calon (balon) wali kota Surakarta Achmad Purnomo dari pencalonan dalam Pilkada Surakarta 2020.

"DPC PDIP menolak mundurnya balon wali kota Surakarta Achmad Purnomo, hal itu benar," kata Hadi Rudyatmo, di Solo, Senin.

Selengkapnya di sini

343 WNI ABK kapal pesiar MV Roterdam tiba di Priok

Sebanyak 343 Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) kapal pesiar MV Roterdam tiba di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin, setelah sebelumnya dievakuasi oleh Tim Satgas.

Evakuasi pemulangan WNI ABK kapal pesiar itu dipimpin langsung oleh Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas.

Selengkapnya di sini

BIN gandeng Kemenkumham gelar "rapid test" secara "drive thru"

Badan Intelijen Negara (BIN) bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar "rapid test" COVID-19 dengan metode "drive thru" di lingkungan Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 8-12 Juni 2020.

Direktur 24 BIN Brigjen TNI Irwan Mulyana, di Jakarta, Senin, mengatakan kegiatan tersebut dikhususkan untuk pegawai di lingkungan Kemenkumham dan masyarakat sekitar.

Selengkapnya di sini

Wapres: Pesantren lebih aman terapkan normal baru daripada sekolah

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pesantren lebih aman dibandingkan sekolah umum, dalam menerapkan kebijakan tatanan normal baru (new normal) ketika membuka kembali kegiatan belajar dan mengajar di masa pandemi, karena menerapkan sistem asrama.

"Di pesantren itu lebih aman daripada sekolah. Kalau sekolah itu kan (siswanya) bolak-balik, pulang ke rumah, pergi lagi ke sekolah, di jalan juga; sementara kalau di pesantren itu, selama dari awal sudah ditata, sebenarnya jauh lebih aman daripada sekolah," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam telekonferensi pers dari Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar