Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima bantuan berupa uang tunai dari pihak swasta sebesar Rp300 juta lebih untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19.

"Bantuan uang tunai sebesar Rp300 juta ditransfer oleh pihak swasta ke rekening pemerintah daerah merupakan bantuan tanggung jawab sosial 'corporate social responsibility' (CSR) untuk kepentingan masyarakat yang terdampak langsung COVID-19," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Baca juga: Warga 19 desa terdampak COVID-19 di Bangka Tengah dibantu daging sapi

Dana sebesar itu, kata bupati, akan disalurkan kembali kepada masyarakat berupa sembako, dengan kriteria masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan jaring sosial pemerintah.

"Bantuan kepada masyarakat nantinya tidak berupa uang tunai melainkan berupa sembako dengan jumlah yang disesuaikan kebutuhan dan kemampuan dana yang tersedia," jelas bupati.

Baca juga: TNI-Polri di Babel siap mendukung penerapan tatanan normal baru

Bupati memberikan apresiasi kepada pihak swasta yang terlibat peduli membantu masyarakat terdampak COVID-19, baik langsung berupa bahan pokok atau berupa uang tunai yang disalurkan melalui pemerintah daerah.

"Penanganan sosial dampak wabah COVID-19 memang harus dilakukan bersama-sama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat," kata bupati.

Bupati minta seluruh masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan agar wabah COVID-19 segera dapat selesai dan masyarakat dapat kembali normal beraktivitas.

Baca juga: Gubernur Babel tinjau penanganan COVID-19 di pulau kecil

Pewarta: Kasmono
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020