Sulut, Tahuna (ANTARA) - Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jopy Thungari mengungkapkan, enam orang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor Barcelona reaktif dari hasil tes cepat.

"Gugus tugas telah melaksanakan tes cepat bagi 27 anak buah kapal Barcelona dan hasilnya, enam orang reaktif," kata Jopy Thungari di Tahuna, Kamis.

Pelaksanaan tes cepat bagi anak buah kapal KM Barcelona guna menindak lanjuti hasil tes usap tiga orang ABK kapal tersebut yang dinyatakan positif COVID-19.

"Tes cepat terhadap ABK KM Barcelona lakukan karena sebelumnya tiga ABK yaitu pasien 04 dan 05 serta 06 telah dinyatakan positif COVID-19," kata dia.

Baca juga: PELNI siapkan skenario operasional kapal hadapi normal baru
Baca juga: Tiga calon penumpang batal berangkat karena tes cepat COVID-19 reaktif


Dia mengatakan, KM Barcelona malam ini kembali diberangkatkan dari Tahuna menuju Manado tanpa membawa penumpang. KM Barcelona merupakan satunya- satunya kapal jadwal malam hari yang melayari rute Tahuna- Manado dan sebaliknya.

"Sebenarnya, enam orang ABK yang reaktif segera diisolasi di Tahuna namun atas pembicaraan dengan pihak perusahaan kapal, isolasi nanti di lakukan di Manado, sehingga kapal harus berangkat tanpa penumpang," kata dia.

Baca juga: Pemprov Babel wajibkan kru kapal timah masuk aplikasi COVID-19
Baca juga: Polisi Mentok Babel perketat pemeriksaan calon penumpang kapal feri


Dia mengatakan, tes cepat juga dilakukan terhadap pedagang yang ada di pasar tradisional Towo'e Tahuna.

"Kami juga telah melaksanakan tes cepat bagi 39 orang penjual di pasar Towo'e dengan hasil semuanya non-reaktif," kata dia.

Dia berharap semua masyarakat tetap tenang dan terus mematuhi anjuran menjalankan protokol kesehatan ketika keluar rumah.

"Protokol kesehatan wajib dijalani dan dipatuhi oleh masyarakat bila keluar rumah guna mencegah penularan COVID-19," kata dia.

Baca juga: Empat ABK KM Barcelona reaktif "rapid test"
Baca juga: Kepala Pelabuhan Tahuna janji tindak ABK yang turun dari kapal
Baca juga: Tujuh ABK KM Kirana III positif COVID-19

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020