Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Bank DKI menyalurkan bantuan tunai sebesar Rp600.000 per orang kepada sebanyak 200 lanjut usia (lansia) di Cengkareng Timur, Jakarta Barat.

Penyaluran bansos dengan pembagian Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) yang dikeluarkan Bank DKI pertama di tahun ini dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 di Aula RW 12 Cengkareng Timur, Senin.

"Pembagian kartu lansia jakarta dan kartu disabilitas di Cengkareng Timur ada 200 jiwa. Kali ini dibagi dua hari khusus lansia, karena protokol kesehatan harus dijaga," ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Ika Yuli Rahayu di Jakarta, Senin.

Baca juga: Bank DKI ajak masyarakat bertransaksi nontunai di transportasi publik
Baca juga: Bank DKI donasikan Rp5 miliar untuk COVID-19 di Jakarta
Proses penyerahan bantuan sosial berupa Kartu Lansia Jakarta (KLJ) di RW 12 Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Senin (15/6/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Ika mengatakan, pembagian bantuan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dicanangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Namun akibat adanya pandemi COVID-19, penyerahan bantuan yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Maret, menjadi mundur di bulan Juni.

Lansia yang terdata membutuhkan bantuan sosial akan mendapatkan KLJ yang berbentuk mirip kartu ATM dengan nominal saldo Rp600.000 per bulan.

"Supporting nilainya Rp600.000 sebulan, dalam bentuk uang di ATM Bank DKI. Itu untuk kebutuhan hidup lansia, apalagi di saat pandemi, sangat dibutuhkan dan ditunggu mereka," kata Ika.

Untuk tahun 2020, Dinas Sosial DKI Jakarta menargetkan pendistribusian bantuan sosial kepada total 77.524 warga lansia, dengan penambahan penerima bantuan sebanyak 39.109 lansia.

Selain itu, Dinsos DKI juga menargetkan pendistribusian KPDJ kepada 11.422 orang.

Baca juga: Bank DKI raih penghargaan perbankan digital
Baca juga: Pengambilan dana KJP Plus-KJMU di ATM Bank DKI harus hindari kerumunan
Penerima Kartu Lansia Jakarta, Rasih (kanan), mengucapkan terima kasih atas bantuan sosial yang diterimanya dari Dinas Sosial DKI Jakarta melalui Bank DKI di RW 12 Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Senin (15/6/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Para lansia yang menerima bantuan duduk berjauhan dengan jarak sekitar satu meter di halaman terbuka aula RW 12 Cengkareng Timur.

Tujuannya, untuk meminimalisir potensi penularan COVID-19 di antara lansia yang rentan dari segi kesehatan fisik.

Adapun salah satu penerima bantuan sosial tersebut, Rasih, mengaku senang mendapatkan bantuan yang baru pertama diterimanya.

"Alhamdulillah, bantuan ini Insyallah meringankan saya. Saya sudah sulit berjalan, mudah-mudahan ini menjadi berkah bagi saya," ujar dia.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020